Kepala BNPB Minta Pemprov Sumbar Bangun Ekosistem Berkelanjutan Cegah Abrasi di Sepanjang Pesisir

Kepala BNPB Doni Munardo (kiri) didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat meninjau kondisi pantai Padang dari ancaman abrasi, Kamis (15/4/2021) (Foto: Laila Marni)

Covesia.com – Kepala Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta pemerintah provinsi Sumbar baik Gubernur maupun kepala daerah untuk membangun ekosistem berkelanjutan guna cegah abrasi di sepanjang pesisir pantai.

“Kita sudah pernah melakukan hal ini, namun 30 tahun setelahnya terjadi lagi abrasi dan pantai semakin hilang. Inipun kita duga sama demikian hanya bertahan 30 tahun. Kita minta pemerintah yakni Gubernur dan kepala daerah untuk membangun ekosistem secara kontiniu berkelanjutan,”ungkapnya saat meninjau proyek pembatasan air laut dan pantai di Tugu Merpati Perdamaian, Kamis (15/4/2021).

Jadi tidak bisa ditanam pohon dan dibiarkan saja. Bagaimana seluruh wilayah pesisir Sumbar ini ada vegetasi yang punya kekuatan yang baik.

“Pilihannya adalah beberapa jenis tanaman tertentu seperti Pinago, Waru, Ketapang, dan Cemara Udang serta Beringin. Kalau ini bisa dikembangkan secara berlanjut kita bisa menyelamatkan generasi yang akan datang,” tambahnya.

Pantai Padang dan semua Pesisir di Sumbar akan terlindungi dari abrasi. “Saya menyaksikan sendiri, di Pariaman sebagian besar pantainya sudah hilang karena dihantam oleh gelombang samudra Hindia yang ketat sekali. Ada beberapa jenis pohon yang bertahan antaranya pinago,” ujarnya.

Doni berharap media dapat mengingatkan para pejabat, tokoh masyarakat, juga masyarakat agar bersedia merawat tanaman yang ada di tepi pantai.

“Jangan ditebang, karena semakin banyak tumbuhan di pantai akan dapat menahan abrasi dan bertambah secara alami pasirnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNPB karena telah memberikan bantuan senilai 19 Milyar lebih untuk menghentikan abrasi.

“Alhamdulillah sudah kita lihat, sudah menyelamatkan. Ke depan kita akan dorong bagaimana Kabupaten kota di sepanjang pantai di Sumbar agar menanam vegetasi,” jelasnya.

Kita harapkan dukungan anggaran dari Kabupaten kota untuk ini. Karena memang jika ada pohon-pohonan sepanjang pantai dapat menahan abrasi.

(lia)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password