Positivity Rate Tembus 16 %, Dr Andani: Terbesar di Sumbar Sejak Era Pandemi

Ilustrasi/Covesia.com

Covesia.com – Kepala Labor Biomedik Universitas Andalas, Andani Eka Putra mengatakan bahwa hari ini untuk pertama kalinya Positivity Rate Sumatera Barat tembus angka 16 Persen. Padahal rata-rata hanya 5-8 persen.

“Hari ini saya ingin sampaikan bahwa untuk pertama kali positivity rate di sumbar tembus angka 16%, dari yang biasa 5-8%. Ini artinya ada 16 orang positif dari setiap 100 orang yg diperiksa,” ungkap Andani, Minggu (18/4/2021).

Lebih lanjut Andani berpendapat bahwa angka 16 persen tersebut terbesar di Sumbar sejak era pandemi.

“Di sisi lain, kita menghadapi ramadan, kebiasaan buka bersama dan pelaksanaan protokol yang lemah, ditambah capaian vaksin umum yang rendah menjadi akumulasi berisiko besar bagi kita di Sumbar jika tidak ada antisipasi,” jelasnya.

Andani mengatakan saat ini rasanya tidak perlu retorika protokol. Pihaknya akan mencoba mengusulkan ke pimpinan daerah agar memberikan sanksi agar ASN dan pekerja kantoran wajib pakai masker. Akan ada sidak oleh satgas. Kantor swasta yang tidak patuh, akan diminta tutup.

Kemudian, rumah makan harus melaksanakan protokol, 1 meja hanya diisi setengah kapasitas, jika tidak patuh akan ditutup.

Ketiga, Satgas mesjid diperkuat, mesjid yang tidak menggunakan protokol akan diberikan sanksi. Untuk buka bersama mungkin diizinkan dengan setengah kapasitas.

” Rasio tracing idealnya 1:15-20, itu harus dipastikan berjalan, apalagi ada kebijakan babinsa dan babinkamtibmas. Kemudian juga perlu penguatan satgas desa dan shelter desa untuk isolasi,” tambahnya.

Sebenarnya kata Andani masih banyak yang lain, tapi perlu dikawal, apakah semua proses itu berjalan atau tidak.

Tak hanya itu, Andani juga menginformasikan saat ini lab PDRPI FK. Unand diminta menjadi lab validator untuk Genose.

” Kita yang pertama di Indonesia. Selanjutnya validasi di UI dan Unair, tapi saat ini kita yang paling siap dibanding 2 PTN. Hasil validasi kita ke depan akan menentukan rencana Genose ke depan,” tukasnya.
(lia)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password