Ditetapkan Kemenag, Segini Standar Zakat Fitrah di Pasaman

Rapat gabungan penetapan standar Zakat Fitrah di Pasaman (Ist)

Covesia.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman telah menetapkan standar besaran zakat fitrah Idul Fitri tahun 2021 atau 1442 Hijiriah, yang wajib di keluarkan oleh umat muslim.

Penetapan besaran zakat fitrah itu dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra dalam rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Kepala KUA kecamatan, Ketua MUI, Baznas, serta ormas-ormas Islam di daerah itu.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra, Senin (19/4/2021) mengatakan, penetapan standar zakat fitrah dalam bentuk uang disesuaikan dengan harga pasaran beras di daerah tersebut.

Dedi Wandra menyampaikan standar zakat fitrah untuk tahun 1442 H/2021, ditetapkan dalam tiga tingkatan harga beras.

“Untuk standar zakat fitrah per jiwa dalam bentuk uang untuk kategori beras kualitas satu sebesar Rp36.000, beras kualitas dua Rp30.000 dan beras kualitas tiga sebesar Rp26.000,” terang Dedi Wandra.

Lebih jauh ia mengatakan, ketentuan atau standar yang diambil ini disesuaikan dengan data harga beras di pasaran yang merupakan hasil survey pihak Dinas Perindagkop kabupaten Pasaman.

Terkait masalah zakat fitrah ini, masyarakat juga bisa membayar zakat fitrah dengan menggunakan beras maupun nilai uang. “Dari itu, dikonversikan harga beras dengan tiga tingkatan kualitas tadi,” terangnya.

Dia juga menuturkan bahwa, standar yang ditetapkan ini sebagai tolok ukur bagi masyarakat. “Untuk rilnya besaran zakat fitrah yang dibayarkan atau ditunaikan diminta mensesuaikan dengan kualitas beras yang dikonsumsi,” katanya.

Dedi Wandra menerangkan, untuk masyarakat yang belum memahami besaran jumlah zakat fitrah yang akan dibayarkan.

Muzakki cukup mengkalikan harga beras yang dikonsumsinya dengan jumlah anggota keluarganya. Jika 4 orang maka dikalikan harga beras misalnya Rp36 ribu, maka besarannya adalah Rp144 ribu rupiah.

Kakan Kemenag Pasaman itu mengimbau kepada umat Islam di Pasaman, agar melengkapi Ibadah Ramadan 1441 H dengan menunaikan zakat fitrah sebelum Idul Fitri tiba.

“Kita mengajak agar masyarakat Islam di Pasaman secepatnya menunaikan zakat fitrahnya, kepada yang berhak menerima dan sebelum masa kewajiban menunaikannya berakhir. Sehingga zakat tersebut dapat diserahkan kepada mustahiq yang ada di daerah ini,” pintanya.

Dedi Wandra meminta kepada seluruh kepala KUA untuk segera menginformasikan standar zakat fitrah ini kepada masyarakat di wilayah tugas masing-masing.

“Dengan segera di informasikannya berapa besaran zakat fitrah tahun ini, tentu masyarakat menjadi tau berapa besaran zakat yang akan dibayarkan nantinya,” tutupnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password