Perihal Mudik Lokal, Pemprov Sumbar akan Rapat dengan Bupati-Walikota

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy

Covesia.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan bahwa ada arahan terbaru dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyatakan tentang mudik lokal tidak diperbolehkan.

“Ini ada arahan terbaru dari BNPB tidak boleh mudik dalam antara provinsi. Selama masih NKRI kita masih merah putih, Presiden sama, maka kita ikutin anjuran dari pusat, tapi nanti pasti ada pengumuman resmi dari pemerintah,” ungkap Audy di RTH Imam Bonjol Padang, Rabu (5/5/2021).

Kemudian, kata Audy, saat ini Sumbar sudah zona orange harus menjadi perhatian bersama. Kita sudah surati bupati walikota untuk dapat mengikuti rapat di Polda Sumbar membahas terkait covid-19 dan mudik.

Pihaknya juga telah membahas bersama Polda Sumbar tentang penyekatan di 7 titik perbatasan darat masuk Sumbar.

“Untuk mudik lokal dibicarakan lagi, karena lokal lebih sulit ngontrolnya. Kita sih harapannya kalau kita berhasil menyekat 7 titik orang bisa masuk ke Sumbar ini dalam artian sudah lebih aman,”imbuh Audy.

Audy mengatakan bahwa mulai besok penerbangan di Sumbar juga tidak ada lagi sehingga mengurangi adanya pergerakan mudik dari luar Sumbar. Demikian juga pelabuhan di Banten dan Lampung sepertinya juga ditutup.

Tak hanya itu, Wagub menyebutkan bahwa Pemprov Sumbar siap melaksanakan kebijakan, jika jelas sudah ada arahan pemerintah pusat.

“Nanti kita tunggu hitam di atas putihnya dari pemerintah pusat, kita tidak buat kebijakan lokal, kita tunggu edarannya, perintahnya, seperti SE dari pak Tito kemaren,” ujarnya.

Di akhir Audy berpendapat bahwa seluruh kebijakan larangan mudik itu dibuat pemerintah pusat untuk mencegah kenaikan angka positif Covid-19. Karena berpedoman dari Malaysia yang mengalami kenaikan Covid-19.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password