Ini Tiga Fokus Pembangunan Sumbar, Salah Satunya Peningkatan Pendapatan Petani

Covesia.com – Gubernur Mahyeldi Ansharullah mengatakan ada tiga fokus pembangunan Sumbar saat melakukan Musrenbang terkait RPJMD di hotel Pangeran Beach hari ini, Kamis (6/5/2021).

“Kita berharap visi misi kita bisa menjawab permasalahan di Sumbar, antaranya peningkatan pendapatan petani, kemudian pariwisata, dan UMKM,” ungkapnya, saat ditemui di Padang, Kamis (6/5/2021).

Mahyeldi mengakui bahwa Sumbar saat ini terbatas perihal keuangan. Maka ketika bicara wisata itu bukan berarti fokus ke dinas pariwisata tapi juga PUPR, penguatan masyarakat dan lainnya.

“Kita tidak boleh melihat itu terpisah tapi terintegrasi. Maka kita mencarikan solusi bukan fokus pada masalah-masalah,” imbuhnya.

Sementara untuk perda-perda lainnya yang berkaitan dengan RPJMD, misal masalah pesisir pasti berkaitan kelautan karena pertanian juga berkaitan di sana.

Senada dengan Gubernur Sumbar, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri mengatakan ada tiga fokus pembangunan Sumbar pertama, Pertanian dalam artian luas pangan peternakan, kedua, UMKM termasuk perdagangan dan Koperasi dan ketiga, pariwisata.

Target Gubernur Sumbar ada 19 destinasi unggulan dan satu destinasi bertaraf internasional. Sementara kalau pertanian, alokasi dari APBD 10 persen, UMKM dan Pariwisata tidak disebutkan.

“Memang berat APBD kita karena dana terserap ke Covid-19. Bagaimana mengefesiensikan apalagi masa jabatan gubernur dan wakil gubernur hanya 3,5 tahun sehingga anggaran tersedia terbatas. Kita mengusahakan mencari di luar APDB seperti APBN dan kerja sama dengan swasta,”tukasnya.

(ila)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password