Surat Edaran Gubernur Sumbar, Hanya 4 Kota/Kabupaten yang Boleh Gelar Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan

Ilustrasi Salat Idul Fitri

Covesia.com – Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi tak lama lagi akan menjelang. Tentunya masyarakat ingin berbondong-bondong melaksanakan salat sunnah Idul Fitri. Namun tahun ini tidak semua daerah di Sumbar yang bisa melaksanakannya.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyebutkan yang dapat melaksanakan salat Idul Fitri adalah daerah yang dinyatakan aman dari penyebaran covid-19 atau daerah yang berstatus berzona kuning dan hijau.

“Daerah yang berzona kuning dan hijau dapat melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid atau lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Gubernur secara tertulis, Sabtu (8/5/2021).

Pelaksanaan salat Idul Fitri yang dilakukan di masjid atau lapangan terbuka, wajib memperhatikan protocol kesehatan secara ketat dan berpedoman kepada Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE 07 Tahun 2021.

Berdasarkan zonasi yang dikeluarkan gugus tugas penanganan covid-19 Sumbar, daerah yang masuk zona kuning hanya 4 yakni Dharmasraya, Kota Pariaman, Kota Solok, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sementara itu daerah yang penyebaran covid-19 tergolong tinggi, yaitu daerah zona merah dan zona oranye salat Idul Fitri bisa dilaksanakan di rumah masing-masing. Artinya 15 Kabupaten kota yang ada di Sumbar yang berada di Zona oranye hendaknya melakukan salat Idul Fitri di rumah guna antisipasi penyebaran covid-19.

Terkait open house, halal bihalal, reuni dan pertemuan lain yang berpotensi menimbulkan adanya kerumunan Gubernur meminta pejabat/ASN di Sumatera Barat yang merayakan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi untuk tidak melakukan acara tersebut.

Hal itu mempedomani Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama Pada Bulan Ramadan dan Pelarangan Open House/Halal Bihalal Pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi.

(lia)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password