Tertimbun Longsor, Akses Lalu Lintas Sicincin-Malalak Putus Total

Tampak material longsor hambat akses jalan di Malalak, Senin (10/5/2021)(Foto: Covesia/ Istimewa)

Covesia.com – Akses lalulintas Sicincin- Malalak, Balingka putus total, hal tersebut dipicu curah hujan tinggi yang menghuyur kawasan setempat Minggu (9/5/2021) malam sehingga mengakibatkan tanah longsor menutupi seluruh badan jalan.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPBD) Agam melalui Pusdalops Lukman Syahputra mengatakan, titik yang dikabarkan longsor berasa di Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, sepanjang 20 Meter dengan Ketinggian 1-2 Meter.

“Dari malam TNI, Polsek dan perugas lainnya sudah berada dilokasi namun karena curah hujan masih tinggi membuat petugas belum bisa melakukam evakuasi,” ujarnya.

Saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pembersihan menggunakan peralatan manual sambil menunggu alat berat dari PUTR Provinsi Sumatera Barat.

“Kita sudah menghubungi dinas terkait untuk membersihkan material longsor dan saat ini unit alat berat sedang dalam perjalanan,” katanya lagi.

Dijelaskannya, lokasi yang terdampak saat ini sebelumnya juga sering terdampak longsor, pihaknya menghimbau masyarakat, khususnya pengguna jalan untuk ekstra waspada saat melintasi ruas jalan SIMAKA yang hingga kini masih cukup rawan dilewati karena kondisi tanah perbukitan masih labil.

“Kita upayakan pembersihan selesai hari ini mengingat jelang lebaran ini, ruas jalan SIMAKA ini ramai dilintasi kendaraan,” tutupnya.

(jhn)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password