Terapkan Prokes yang Ketat, MUI Bukittinggi: Mesjid Tetap Laksanakan Salat Idul Fitri

Iustrasi Mesjid (Foto: Pixabay)

Covesia.com – Majelis Ulama Besar (MUI) kota Bukittinggi, menyebut, sebagian mesjid di Bukittinggi tetap akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua MUI Bukittinggi, Aidil Alfin, mengatakan sebagian besar mesjid di Bukittinggi sudah merencanakan dan mempersiapkan sholat Idul Fitri dari jauh hari sebelum keluarnya surat edaran Gubernur Sumbar terkait larangan sholat eid di zona orange.

“Persiapan sudah jauh hari tidak mungkin batal. Namun pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkapnya, Rabu (12/5/2021).

Ia mengungkapkan sesuai surat edaran terbaru Gubernur Sumbar 11 Mei 2021 menyebutkan kebijakan sholat Eid bisa dilaksanakan sesuai keputusan MUI kota di daerah masing-masing.

“Sejauh ini belum ada cluster baru dari jamaah yang melaksanakan sholat seperti sholat tarawiah dan witir di mesjid karena jamaah patuh. Malah lebih beresiko pasar dan pusat perbelanjaan yang berkerumunan,” jelasnya.

Sebelumnya, MUI Sumbar, menyebutkan beberapa daerah di Sumbar telah menyatakan sikap tetap melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 H.

“Setelah Gubernur mau mendengarkan keluhan umat dan pandangan para ulama, sudah banyak pimpinan daerah yang mendengarkan keluhan umat dan permintaan mereka agar tenang beribadah Idul Fitri,” jelasnya.

Diantaranya adalah Bupati Tanah Datar, Bupati Solok, Bupati Pasaman bahkan Pemda Pessel dan Satgas Kota Payakumbuh dan terakhir Kota Padang.

Di Kota Bukittinggi, hanya ada dua masjid yang tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri berjamaah yakni Masjid Al Hanif di Kodim 0304 Agam Lapangan Kantin dan Masjid di Polres Bukittinggi.

Pemko Bukittinggi juga telah mengeluarkan surat edaran pada 11 Mei 2021 yang menyatakan bahwa shalat Idul Fitri hanya diselenggarakan di rumah saja.

Surat edaran itu berpedoman kepada Surat Edaran Menteri Agama nomor 07 tahun 2021 tertanggal 6 Mei 2021.

(deb)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password