128 WBP di Rutan Padang Dapat Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri, 3 Diantaranya Langsung Bebas

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya, saat memberikan secara simbolis remisi kepada salah seorang WBP di Rutan Padang, Kamis (13/5/2021)(Foto: dok.humas)

Covesia.com – Dalam rangka hari Raya Idul Fitri 1442 H, Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Padang memberikan pemotongan masa hukuman (remisi) kepada 128 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), 3 diantaranya langsung dinyatakan bebas.

Pemberian remisi warga binaan ini dipimpin langsung kepala kantor wilayah sumatera barat, Andika Dwi Prasetya, Kamis (13/5/2021).

Kepala Rutan Kelas IIB Padang Muhammad Mehdi menyebutkan, sesuai aturan warga binaan yang mendapat remisi adalah mereka yang sudah menjalankan hukuman minimal enam bulan, berkelakuan baik dan aktif mengikuti program di Rutan. Remisi yang diberikan juga bervariasi, ada 53 orang yang mendapat remisi satu bulan dan 75 orang mendapat remisi selama 15 hari.

“Dari 128 warga binaan yang menerima pengurangan hukuman tersebut, tiga diantaranya dinyatakan bebas langsung,” ungkap Muhammad Mehdi dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya, dalam sambutannya, ia menyampaikan, sistem permasyarakatan ini bertujuan agar WBP menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan tidak mengulang tindak pidana itu lagi sehingga bisa diterima kembali jika bergabung dengan masyarakat.

“Mereka bisa berperan dalam pembangunan serta dapat hidup secara wajar lagi sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab,” katanya.
 
Lebih lanjut kata Andika, sistem pemasyarakatan sendiri juga menitikberatkan pada usaha perawatan, pendidikan, pembinaan dan bimbingan bagi WBP yang bertujuan untuk memulihkan kesatuan hubungan hidup antara individu, WBP dan masyarakat.

“Kita berharap, WBP agar memahami remisi yang diterima adalah satu hak yang diberikan negara atas pencapaian yang dilakukan selama ini,” kata dia.

Dijelaskannya, WBP yang mendapat remisi di seluruh Lapas dan Rutan di Sumbar sebanyak 2.229 orang.

“Pemberian remisi khusus Idul Fitri diharapkan dapat memotivasi untuk penyadaran diri yang tercermin dan perilaku sehari-hari selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana,” pungkasnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password