Lawan Rentenir, Kacab Bank Nagari Lubuk Basung Imbau Nasabah Manfaatkan Program Marandang

Lawan Rentenir Kacab Bank Nagari Lubuk Basung Imbau Nasabah Manfaatkan Program Marandang

Covesia.com - Bantu mengembangkan ekonomi tanpa terjerat utang rentenir, Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat himbau nasabah ikut program Marandang.


Pimpinan Cabang Bank Nagari Lubuk Basung, Shanty Dewi Fauzi mengatakan, 'Marandang' merupakan singkatan dari Melawan Rentenir di Ranah Minang. program ini sudah diluncurkan beberapa bulan lalu di Bank Nagari pusat dan sudah dijalankan di seluruh kantor cabang.


"Rentenir ini kadang-kadang menjadi beban bagi usaha super mikro karena bunganya yang mencekik. Ini yang coba diantisipasi Bank Nagari dengan terobosan program Marandang," ujarnya Rabu (6/10/2021).


Dijelaskan Shanty Dewi Fauzi, saat sekarang ini prakter rentenir masih banyak terjadi di tengah masyarakat, terutama para pedagang kecil di pasar tradisional.


Program Marandang ini akan memudahkan dan memberikan keleluasaa bagi masyarakat ekonomi lemah yang memiliki usaha. kelebihan dari program ini adalah membeli keringanan lebih pada bunga bank dari pinjaman usaha super mikro.


"Terobosan yang dilakukan untuk bisa membantu usaha mikro kecil agar bisa bertahan. kita juga bekerjasama dengan pemerintah daerah agar bisa tersalurkan kepada masyarakat," lanjutnya.


Ia berharap dengan program Bank Nagari dan bantuan pemerintah tersebut kesejahateraan masyarakat akan bisa tingkatkan.
 "Program ini sangat membantu para pedagang terutama pada masa masa pandemi, kita berharap bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin," tutupnya.
(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga