- Advertisement -
HomeArchipellagoPolisi Buru Pelaku Perampokan Dana BOS di Payakumbuh

Polisi Buru Pelaku Perampokan Dana BOS di Payakumbuh

Covesia.com – Satreskrim Polres Payakumbuh langsung mengejar pelaku perampokan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (27/5/2021) pagi. Kedua pelaku Orang Tidak Dikenal (OTK) ini berhasil menggondol Dana BOS SMP Negeri 1 Guguak sebesar Rp90 juta.

“Kasus ini kita dalami, anggota masih di lokasi dan ada yang melakukan pengejaran terhadap pelaku. Korban sudah melapor,” kata Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP Akno Pilindo pada Kamis (27/5) siang.

Kronologis pencurian tersebut, kata Kasatreskrim, korban awalnya mengambil uang di Bank Nagari pusat kota. Setelah uang diambil, korban tidak langsung ke sekolah melainkan pergi ke arah Parik Rantang untuk keperluan tiket bus dekat SPBU setempat.

“Uang ditarok korban dalam mobil. Saat korban keluar dan lengah, saat itu pelaku beraksi. Jendela mobil juga dipecahkan pelaku,” katanya.

Diperkirakan AKP Aknopilindo, korban sudah dibuntuti pelaku yang mengendarai sepeda motor ketika dari Bank Nagari. “Korban sudah dibuntuti pelaku,” ucapnya.

Dengan kejadian tersebut, Kasatreskrim Polres Payakumbuh itu menghimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan transaksi uang dalam jumlah besar, meminta bantuan ke petugas kepolisian.

“Mohon juga ke masyarakat untuk minta bantuan ke polisi setiap transaksi yang besar. Kami pun siap mengawal. Jangan cemas soal biaya. Pengawalan ini pun gratis tanpa dipungut biaya,” katanya.

Hal itu, ucapnya, untuk menghindari agar tidak terjadinya hal serupa dan mencegah terjadinya aksi kejahatan. “Jangan malu-malu minta pengawalan ke polisi,” katanya.

Hal yang sama, juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota, Indrawati Munir. Kadisdikbud itu sudah menghimbau kepada seluruh pihak sekolah, untuk tidak melakukan pencairan dana yang besar sendiri-sendiri.

“Kepada guru, pihak sekolah harus ikut mendampingi setiap pencairan dana. Mintalah pengawalan petugas kepolisian. Karena hal ini bisa mencegah aksi kriminal,” katanya.

Uang yang hilang itu, ucapnya, merupakan dana BOS SMPN 1 Guguak.

(Angga)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya