Menteri Kelautan dan Perikanan RI ke Kota Pariaman, Rencananya Akan Kunjungi Kawasan Konservasi Hutan Mangrove

Bersih-bersih persiapan kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Covesia.com – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono dijadwalkan akan mengunjungi kawasan konservasi hutan mangrove di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Terkait itu dibenarkan oleh Asisten I Setdako Pariaman, Yaminu Rizal usai rapat persiapan menyambut kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan, pada Senin (31/5/2021).

“Rencananya menteri akan mengunjungi kawasan konservasi hutan mangrove pada Rabu (2/6/2021) nanti, yakni sebagai bagian dari kunjungannya ke Provinsi Sumbar,” sebutnya.

Lanjut Yaminu, kedatangan menteri tersebut ke Kota Pariaman, merupakan permintaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3).

“DP3 Kota Pariaman, ingin meminta bimbingan dalam pengembangan dan pemanfaatan kawasan konservasi hutan mangrove lebih baik lagi,” ucapnya.

Yaminu mengatakan, hutan mangrove di Desa Apar telah dijadikan kawasan konservasi yang tidak saja berfungsi untuk mitigasi bencana tsunami namun juga untuk peningkatan ekonomi warga.

“Seperti sekarang telah menjadi kawasan wisata yang dikelola oleh BUMDes,” ujarnya.

Selain itu kata Yaminu, bahwa produk-produk dari hasil pengolahan mangrove tanpa merusak lingkungan salah satunya sirup.

Jadi nanti, saat kunjungan ke kawasan konservasi hutan mangrove Menteri Kelautan dan Perikanan, akan melihat BUMDes yang mengelola kawasan tersebut untuk wisata serta melepas anak penyu atau tukik.

“Kami berharap dengan kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan ke Pariaman maka pengelolaan dan pemanfaatan kawasan konservasi hutan mangrove di daerah itu lebih baik lagi,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password