BerandaArchipellagoPasaman Diguncang Gempa Magnitudo 4,8 Dihari Kelahiran Pancasila

Pasaman Diguncang Gempa Magnitudo 4,8 Dihari Kelahiran Pancasila

- Advertisement -

Covesia.com – Gempa Bumi dengan kekuatan Magnitudo 4,8 mengguncang daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, yang bertepatan dengan hari kelahiran Pancasila, Selasa (1/6/2021) tadi.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Gempa Tektonik ini terjadi tepatnya berlokasi di darat pada 4 KM barat daya Panti, Pasaman, Sumbar pada kedalaman 5 Km sekitar pukul 05.01 WIB pagi tadi.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.32 LU dan 100.05 BT.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera segmen Angkola

Guncangan gempa bumi ini dirasakan  di Payakumbuh II – III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini Tidak Berpotensi Tsunami 

Salah seorang warga Panti, Heny mengaku sangat merasakan getaran gempa tersebut.

“Tiba-tiba saja didalam rumah ini terasa getaran yang lumayan kuat. Semua isi rumah bergemuruh sekitar 5 detik lamanya,” ungkapnya.

Warga lainnya, Bunde Esy juga menuturkan hal yang sama.

“Padahal tadi subuh hendak sholat tiba-tiba rumah ini bergemuruh. Sontak kami langsung berhamburan keluar rumah. Syukurlah tidak ada kerusakan apa-apa,” katanya.

(hri)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -