- Advertisement -
HomeArchipellagoTP PKK Sumbar Lakukan Penilaian di Pasaman

TP PKK Sumbar Lakukan Penilaian di Pasaman

Covesia.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Barat melaksanakan penilaian di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman dalam lomba gerak PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021, Kamis (3/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut langsung dihadiri oleh Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harneli Bahar Mahyeldi beserta rombongan. Bupati Pasaman Benny Utama, Ketua TP PKK Pasaman Ny. Susi Benny Utama, pengurus Ny. Deni Novia Sabar AS bersama pengurus dan GOW Pasaman. Anggota DPRD Pasaman, SKPD, Camat, Wali Nagari dan lainnya.

Benny Utama dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakan PKK merupakan gerakan Nasional dalam pemberdayaan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya oleh dan untuk masyarakat.

“Pertama sekali kami ucapkan selamat datang di Bonjol Umi Harneli Bahar bersama rombongan. Bonjol ini sebagaimana kita ketahui kampungnya Tuanku Imam Bonjol seorang pahlawan Nasional dengan basis perjuangannya di Bonjol. Daerah yang dilewati garis khatulistiwa dan kaya akan sejarahnya. Semangat Tuanku Imam Bonjol tampaknya tercermin di tengah-tengah masyarakat sendiri. Apalagi gerakan PKK ini bertujuan memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” kata Benny Utama.

Pemerintah daerah kata Benny Utama sangat serius dalam baik dukungan dalam melakukan pembinaan disetiap program PKK didaerah setempat.

“Dari segi anggaran untuk tahun ini kita anggarkan Rp700 juta untuk menjalankan program PKK ini. Sasaran gerakan PKK ini adalah seluruh anggota keluarga yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan serta kepribadiannya yang meliputi mental spiritual berupa sikap dan perilaku fisik, material berupa sandang pangan dan kesehatan. Sehingga nanti diharapkan program PKK bisa berjalan maksimal di Pasaman ini,” tambahnya.

Benny Utama menyebutkan penilaian PKK ini merupakan bentuk evaluasi atas capaian kinerja TP PKK yang berada di masing-masing kelompok kerja (Pokja) sekaligus peningkatakan motivasi kader dalam melaksanakan tugas-tugas dan pengabdiannya selaku kader dimasyarakat.

“Disamping itu penilaian ini juga bagian dari pembinaan yang bertujuan meningkatkan kinerja, peran dan fungsi TP-PKK bersama jajaran sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan kesejahteraan keluarga. Walaupun saat ini daerah kita diterpa wabah Covid-19, namun ini tidak menjadikan halangan bagi kita untuk terus meningkatkan perekonomian keluarga agar kedepan terwujud masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat,” katanya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Susi Benny Utama menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Nagari sampai saat ini telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang didukung oleh OPD-OPD terkait secara bersama-sama.

“Walaupun belum maksimal dan masih ada kekurangan serta kelemahan dalam berbagai hal, namun kami tetap optimis untuk terus berkarya melalui Gerakan PKK yang nantinya/akhirnya dapat memberikan manfaat kepada Keluarga, Lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Kepada Bapak/Ibu tim penilai silahkan menilai secara objektif sesuai dengan kriteria penilaian, mulai dari laporan yang telah dibuat, ekspos sampai dengan penilaian di lapangan. Dimasing-masing Pokja ada kegiatan-kegiatan inovatif dan kreatif yang diunggulkan sebagai terobosan untuk meningkatkan capaian,” ungkap Ny. Susi Benny Utama.

Sementara Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harneli Bahar Mahyeldi menyampaikan pokok penilaian tim nanti akan difokuskan pada sejauh mana 10 program pokok PPK itu terlaksana di Kecamatan Bonjol.

“Kami akan lihat dan menilai realisasi 10 program pokok PKK di Kecamatan Bonjol ini. Mulai tertib administrasi, terpublikasi melalui media cetak dan elektronik. Kemudian adanya apotik hidup dipekarangan rumah dan lainnya. Semoga nanti dengan capaian ini Pasaman bisa juara,” ungkap Ny. Harneli Bahar Mahyeldi.

(hri)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya