Melalui IB, 41 ekor Sapi di Agam Melahirkan Anak Kembar

Foto: dok.Covesia

Covesia.com – Melalui Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik, Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat 41 ekor induk sapi melahirkan anak kembar.

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Emrizal mengatakan kelahiran anak sapi kembar membuktikan kualitas semen beku melalui IB sangat bagus, serta peran inseminator yang dapat dihandalkan dalam pelayanan kawin suntik ternak masyarakat.

“IB langkah yang tepat untuk meningkatkan populasi ternak sapi, karena proses pembuahan sel telur yang dihasilkan sapi betina saat ovulasi jadi lebih tepat. Hal itu terbukti dengan lahirnya 82 ekor anak sapi kembar,” ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Sebelumnya, Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 melebihi target.

Upaya peningkatan populasi sapi dan kerbau melalui Si Komandan, merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam mewujudkan tercukupinya sumber protein hewani serta mengurangi dominasi ketergantungan pasokan daging dari luar.

Untuk Agam sendiri, pelaksanaan IB di 2020 terealisasi sebanyak 8.936 ekor. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan yaitunya sebanyak 4.896 ekor.

Sedangkan pemeriksaan kebuntingan ditargetkan sebanyak 3.044 ekor, berhasil direalisasikan 4.025 ekor. Untuk target kelahiran ternak besar terbilang cukup tinggi  dari 4.174 ekor yang ditargetkan, terealisasi sebanyak 4.227 ekor.

Sementara itu, pada 2021, Dinas Pertanian Agam menargetkan pelaksanaan IB sebanyak 9.720 ekor, telah terealisasi 3.997 ekor atau 41 persen dari jumlah yang ditargetkan.

“Kita selalu menekankan petugas untuk meningkatkan penyuluhan, perbaikan pakan, pelayanan kesehatan, perbaikan mutu bibit, distribusi semen beku dan pengendalian pemotongan sapi betina,” tutupnya.

(jhn)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password