- Advertisement -
HomeArchipellagoCuri Mobil, Seorang Pemuda Diringkus Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman

Curi Mobil, Seorang Pemuda Diringkus Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman

Covesia.com – Tim Gagak Hitam, Reserse kriminal (Rekrim) Polres Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengamankan seorang pemuda pelaku pencurian kendaraan roda empat (mobil). Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Padang Pariaman, AKBP Dian Nugraha, HBWPS melalui Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman, AKP Ardiansyah Rolindo pada Sabtu (12/6/2021).

“Penangkapan terhadap pelaku tersebut terjadi pada Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 20.00 WIB, di Parak Sigarang Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang,” sebut AKP Rolindo.

Lanjut Rolindo, pelakunya dengan inisial nama IS (27) pekerjaan buruh harian lepas, yaitu warga Kelurahan Aia Pacah, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Rolindo menyebutkan, pelaku IW itu ditangkap pihaknya atas laporan polisi nomor : LP/28/VI/2021/Polsek 2X11 Enam Lingkung, tanggal 09 Juni 2021. tentang T.P PENCURIAN KENDARAAN RODA 4. Kejadian pada Rabu 9 Juni 2021 sekitar pukul 20.30 WIB, di Jalan Raya Padang-Bukittinggi Simpang Pariaman, Korong Pasa Laban Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Padang Pariaman.

“Kronologis awal pencurian, yaitu sewaktu korban akan bertransaksi menjual mobil jenis Toyota Avanza B 1748 ZFP, dengan pelaku IW. Kemudian, pelaku mengajak korban untuk tes drive, namun sesampai di lokasi kejadian pencurian, pelaku yang saat itu duduk di sebelah korban (sebagai pengemudi mobil), ingin mencoba test drive,” ungkapnya.

“Selanjutnya, antara korban dan pelaku berpindah tempat duduk. Pelaku pidah ke kebangku kemudi mobil tanpa turun dari mobil, namun korban turun dari mobil untuk pindah duduk. Saat korban turun tersebut, pelaku IW langsung tancap gas mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi meninggalkan korban,” ungkapnya lagi.

Dikatakan Rolindo, selain membawa kabur mobil milik korbannya, pelaku juga membawa satu unit handphone milik korban yang saat itu di letakan di atas box mobil.

“Diperkirakan korban mengalami kerugian Rp112 juta,” ujarnya.

Rolindo mengatakan, setelah mendapatkan laporan pencurian tersebut, pihaknya melakukan penyelidikan sehingga diketahui keberadaan pelaku, dan dilakukan penangkapan.

“Pelaku IW ini setelah diamankan mengakui perbuatannya. Bahkan katanya saat mencuri mobil tersebut, ia dikejar oleh massa, dan meninggalkan mobil di jalan. Kemudian pelaku sempat bersembunyi di pematang sawah menunggu pagi. Selain itu agar tidak dikenali orang, pelaku mengambil pakai masyarakat yang sedang terjemur untuk dipakainya,” kata Rolindo.

Rolindo mengungkapkan, selain melakukan pencurian mobil tersebut, pelaku IW juga pernah dilaporkan atas penggelapan uang sejumlah Rp 85 juta dan penggelapan satu unit mobil Daihatsu Grandmax pick up. “Masing-masing laporan polisinya di wilayah hukum Polresta Padang,” ujarnya.

(pri/rdk)

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait