- Advertisement -
HomeArchipellago243 CJH di Pasaman Batal Berangkat Haji Tahun Ini

243 CJH di Pasaman Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Covesia.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menyebut ada 243 Calon Jemaah Haji (CJH) batal berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2021 ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman, Dedi Wandra menyampaikan bahwa hal ini menyusul kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia tentang pembatalan keberangkatan CJH tahun 2021.

“Totalnya untuk tahun 2021 ini yang sebenarnya sudah masuk jadwal pemberangkatan, tetapi gagal berangkat sesuai kebijakan pemerintah yaitu sebanyak 243 orang. CJH ini juga merupakan jemaah yang gagal berangkat di tahun 2020 kemarin,” terang Dedi Wandra, Senin (14/6/2021).

Dedi Wandra menyebut 243 Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Pasaman ini belum ada yang melakukan pengajuan pengembalian setoran pelunasan ibadah haji 2020 disebabkan pembatalan keberangkatan haji ke Makkah.

“Belum ada melakukan pengajuan pengembalian setoran pelunasan ibadah haji 2020 serta pengembalian Ongkos Naik Haji (ONH),” katanya.

Total biaya pelunasan lebih kurang delapan juta dan total keseluruhan ONH sekitar Rp32 juta sampai Rp33 juta.

“Jika calon jemaah haji ingin melakukan pengajuan pengembalian pelunasan maka nomor kursi tidak hilang dan mempunyai hak berangkat pada tahun 2022 nanti. Namun jika ia melakukan pengajuan pengambilan ONH, nomor kursi hilang dan tidak berangkat,” terangnya.

Kata Dedi dari Keputusan Menteri Agama(KMA) bagi CJH yang sudah melunasi biaya haji, batal berangkat artinya dia akan diajukan untuk tahun 2022.

“Yang gagal berangkat tahun ini sesuai kebijakan pemerintah otomatis akan diberangkatkan tahun 2022 mendatang. Kita berharap Pandemi Covid-19 ini segera pulih. Sehingga tidak mengganggu ibadah haji tahun 2022 mendatang,” katanya.

Akan tetapi bagi CJH yang ingin tetap mengajukan pengembalian pelunasan dan ONH, Kemenag juga tidak menutup diri.

“Adapun proses pengembalian setoran pelunasan antara lain mengajukan permohonan dan diantarkan ke Kementrian Agama Kabupaten Pasaman. Lampirkan syarat bukti lunas, nomor rekening, lampiran foto copy KTP, nomor hp dan lainnya,” katanya.

Setelah itu pihak Kementerian Agama Kabupaten Pasaman diteruskan ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan ia teruskan kembali ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Setelah itu, dana pelunasan dikirim ke rekening pribadi CJH masing-masing,” tutupnya.

(hri)

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait