- Advertisement -
HomeArchipellagoKepengurusan Apkasi Dikukuhkan, Sutan Riska: Penanganan Covid-19 Jadi Prioritas

Kepengurusan Apkasi Dikukuhkan, Sutan Riska: Penanganan Covid-19 Jadi Prioritas

Covesia.com – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengukuhkan kepengurusan Apkasi periode 2021-2026 di Nusa Dua Bali, Sabtu 19 Juni 2021. Pengukuhan ini disaksikan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Sebelumnya Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Apkasi pada Munas ke V di Jakarta pada 26 Maret 2021 lalu.

Sutan Riska menyebutkan, berdasarkan kesepakatan tim formatur, kepengurusan periode ini diisi 114 bupati. Di antaranya Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sebagai Sekretaris Jenderal dan Bupati ⁹Serang Ratu Tatu Chasanah sebagai Bendahara Umum.

Kata dia, penyusunan kepengurusan ini mempertimbangakan dan memperhatikan serta mengakomodir berbagai kepentingan, seperti keterwakilan daerah.

“Susunan kepengurusan tersebut, disusun sesuai dengan kebutuhan organisasi dan dalam rangka mendukung program-program pemerintah,” ujarnya.

Sutan Riska mengatakan, dalam Munas ke-V Maret 2021 lalu, juga telah ditetapkan pokok-pokok pikiran dan rekomendasi. Di antaranya tentang penanganan Covid-19.

Kata dia, pandemi Covid-19 masih belum selesai. Malah di beberapa daerah terjadi peningkatan kasus dan muncul varian baru virus.

“Kita tak boleh lengah. Kita harus sering melakukan testing, tracing, dan treatment. Dan yang amat penting adalah menggencarkan vaksin,” ujarnya.

Berdasarkan data Kemenkes per 18 Juni 2021, total vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 22.455.167 atau 55,65 persen. Sedangkan vaksinasi dosis 2 baru 12.096.066 atau 29,98 persen.

“Ini salah tugas penting kepengurusan APKASI periode ini. Kita mesti bersinergi mengawal dan memantau program vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu, kata Sutan Riska, salah satu kunci penanganan Covid-19 adalah pemerintah desa. Pendekatan kultural mesti kita lakukan, agar kita bisa mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi Covid-19 ini.

(ril)

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait