- Advertisement -
HomeArchipellagoPemkot Pariaman Perkuat SDM Siaga Bencana

Pemkot Pariaman Perkuat SDM Siaga Bencana

Covesia.com – Agar lebih siap menghadapi bencana yang mengancam, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) memperkuat sumber daya manusia (SDM) 71 kelompok siaga bencana (KSB) di seluruh desa dan kelurahan di daerah itu.

“Kota Pariaman inikan wilayah rawan bencana, jadi semuanya harus siap untuk mengadapi resiko itu,” sebut Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad pada Selasa (22/6/2021).

Lanjut Yota Balad, apalagi Kota Pariaman memiliki garis pantai sepanjang 12,7 KM sehingga membuatnya sangat berisiko mengalami bencana.

“Makanya dalam menanggulangi bencana terutama gempa dan tsunami ini, kami pemerintah setempat tidak saja menanam pohon di tepi pantai, tapi juga mengoptimalkan peranan dan kesadaran warga terhadap kesiagaan dan kewaspadaan bencana tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan Yota Balad, untuk mengoptimalkan peranan dan kesadaran warga tersebut, maka diperlukan peran KSB sebagai pihak yang menjadi contoh untuk menghadapi bencana atau agen perubahan.

“Karena bencana tidak dapat diprediksi yang datang secara tiba-tiba dan bersifat merusak seluruh sendi kehidupan di antaranya ekonomi dan sosial,” katanya.

Meski demikian, tapi perlu ada upaya untuk mengurangi jumlah korban akibat bencana tersebut dengan mempersiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia.

“Makanya kami memperkuat seluruh KSB dan Forum PRB di Kota Pariaman yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar,” ucapnya.

Yota Balad mengatakan, forum PRB ini merupakan wadah bertemunya para pemangku kepentingan yang mempunyai perhatian dan kepedulian yang sama terhadap agenda pengurangan resiko bencana.

(per)

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait