Dishub Kominfo Sumbar: Pungli, Laporkan ke Kami

Covesia.com – Pengakuan supir-supir tonase, salah seorangnya oyon (52), membenarkan adanya pungutan liar yang terjadi di jembatan timbangan, hal ini memang banyak terjadi terhadap kami para supir, kami selalu saja disalahkan dalam pembawaan barang dengan berbagai alasan yang tidak jelas," katanya kepada covesia.com (12/11/2014). 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat, Amran ikut mengomentari terkait adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) terhadap petugasnya di lapangan yang melakukan pungutan liar pada jembatan timbang. 

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2005 menjadi Perda nomor 5 tahun 2013, di mana kendaraan yang melebihi tonase akan dibongkar dan diamankan langsung.

"Perda inilah kami jadikan sebagai acuan untuk menegur supir yang membawa muatan lebih, namun ini sering disalah artikan oleh pihak-pihak tertentu, petugas kami selalu dianggap mencari-cari kesalahan terhadap pungutan liar, terutama di jembatan timbang," katanya. 

Padahal ada pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan dishub melakukan pungli di luar sana, kecuali dalam penegakan Perda seperti mengamankan plat non BA dan bermuatan lebih baru akan ditindaklanjuti dan itupun didampingi oleh pihak kepoliasian atas dasar keselamatan para pengemudi tonase," sambungnya.

 "Jika ada ditemukan pungli dan mengaku sebagai petugas Dishub silahkan lapor ke kami,"  tegasnya.

0 Comments

Leave a Comment

4 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password