Pemko Pariaman Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kota Banjar Baru Kalsel

Pemko Pariaman Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kota Banjar Baru Kalsel Istimewa

Covesia.com - Pemerintah Kota Pariaman menerima kunjungan kerja dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kota Pariaman, Rabu (2/2/2022).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I, Taufik Rachman dan Ketua Komisi III, Takyin Baskoro beserta seluruh anggota Komisi III.

"Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini yaitu terkait studi banding Pembangunan Infrastruktur Paska Bencana di Kota Pariaman ," ujar Kepala Dinas PUPRP Kota Pariaman, Asrizal saat menerima kunjungan tersebut dikantornya.

"Penanganan infrastruktur di Kota Pariaman pasca bencana, Kota Pariaman itu dikenal sebagai etalase bencana, apapun jenis bencana ada di Kota Pariaman terkecuali bencana letusan gunung merapi ," jelas Asrizal.

Lebih lanjut dikatakannya, sepuluh tahun terakhir bencana di Kota Pariaman itu hanya bencana lokal seperti longsor, abrasi, pohon tumbang dan yang skala besar bisa dikatakan tidak ada. Namun dulu pernah terjadi bencana besar di Sumatera Barat pada tahun 2009 dimana Kota Pariaman juga terkena imbasnya yaitu bencana gempa bumi dimana diperkirakan 12.000 rumah rusak dan 72 orang meninggal.

"Kota Pariaman yang luasnya 73,3 km dengan panjang garis pantai 12 km sering terjadi abrasi dan gempa dengan berpotensi tsunami, upaya yang telah dilakukan ialah pencegahan dan kesiapsiagaan dengan membangun jalur evakuasi ditempat ketinggian ," terangnya.

Asrizal juga menambahkan, Kota Pariaman selama pandemi posisinya selalu plus, ini berkat kebijakan walikota pariaman yang tidak ingin masyarakatnya menganggur, lahan tidur harus diolah dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi.

"Kota Pariaman berkat semangat walikota pariaman mendapat banyak bantuan dari Kementerian PU untuk revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman, program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), kawasan Water Front City dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dan banyak lainnya. Tanpa ikut campur dari Kementerian PU, pembangunan di Kota Pariaman akan lambat selesainya ," tukasnya.

Asrizal juga menyampaikan, selamat datang kepada rombongan di Kota Pariaman, kota kecil yang memiliki keindahan sunsetnya ini.

"Semoga selama bapak ibu disini bisa menikmati kuliner khas Pariaman dan menikmati keindahan alamnya ," tutup Asrizal

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Banjar Baru, Taufik Rachman sampaikan terima kasih karena telah menyambut hangat kunjungan kerja ia beserta rombongannya di Kota Pariaman ini.

Ia memuji Kota Pariaman yang memiliki keindahan pantainya.

"Pemko Pariaman sangat konsisten dalam mengembangkan destinasi wisata pantainya, betul-betul ciamik setiap kawasan pantainya terlihat dikelola dengan baik ," pujinya.

Kami berharap setelah pertemuan ini ada ilmu yang akan kami bawa ke Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan. Selain soal pembangunan infrastruktur pasca bencana, juga cara pemerintah daerah mengelola dan mengembangkan destinasi wisatanya. 

(rls)

Berita Terkait

Baca Juga