BerandaArchipellagoWarga Tangkap Seekor Macan Dahan di Bayang Sani-Pesisir Selatan

Warga Tangkap Seekor Macan Dahan di Bayang Sani-Pesisir Selatan

- Advertisement -

Covesia.com – Usai memakan hewan peliharaan warga, seekor Macan Dahan (Neofelis Nebulosa) berhasil ditangkap oleh warga Kampung Bayang Sani, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), pada Minggu (18/7/2021).

Menurut informasi yang diterima Covesia.com, Macan Dahan tersebut ditangkap oleh warga sekitar setelah Macan itu memangsa seekor hewan peliharaan warga pada pukul 04.00 WIB subuh.

“Macan itu memakan Monyet (Beruk) peliharaan Liswardi (50) yang berada di belakang rumahnya hingga tewas pada subuh tadi,” kata Tokoh masyarakat setempat, Mak Datuak Bakin pada Covesia.com.

Padahal, saat memangsa hewan peliharaan Liswardi, kata Datuak Bakin, Liswardi sudah berusaha mengusir Macan Dahan tersebut. Namun, Macan itu tidak juga pergi.

“Sempat dikejutkan dan dihalaunya Macan ini saat memangsa hewan peliharaannya. Tapi, dia hanya pergi sebentar lalu kembali lagi untuk memakan Beruk yang sudah mati diterkamnya,” ungkapnya menceritakan.

Karena sudah meresahkan, tambahnya, Liswardi bersama warga lain berusaha untuk menangkap Macan Dahan itu dengan cara memasang perangkap.

“Hasilnya, sang Macan masuk dalam perangkap binatang yang dibuat oleh warga, dan Macan itu langsung diserahkan ke pihak BKSDA dengan kondisi masih hidup,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Resor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Konservasi Wilayah Pessel, Bilmar mengatakan, Macan Dahan tersebut sudah diamankan dan sudah dievakuasi dengan selamat.

Untuk selanjutnya, kini pihaknya masih menunggu perintah atau instruksi dari pihak pimpinan. Apakah, akan dipindahkan atau dibawa ke Lembaga Konservasi.

“Sekarang kita evakuasi dulu dan dimasukkan dalam keranda sambil menunggu instruksi pimpinan,” singkatnya.

Di tempat terpisah, Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan kejadian ini dan menghimbau masyarakat agar jika terjadi kejadian serupa, yaitu melihat adanya satwa dilindungi yang masuk ke area perkampungan, untuk segera melapor petugas BKSDA setempat atau bisa menghubungi Call Center BKSDA Sumbar di Nomor 081266131222.

“Upaya lain yang dimungkinkan adalah menggiring macan dahan tersebut ke hutan dengan bunyi bunyian,” kata dia.

(ind)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -