BerandaArchipellagoOJK Sumbar Berharap Program 'Marandang' Bank Nagari Juga Diterapkan Bank Lain

OJK Sumbar Berharap Program ‘Marandang’ Bank Nagari Juga Diterapkan Bank Lain

- Advertisement -

Covesia.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Provinsi Sumatera Barat berharap program ‘Marandang’ yang diluncurkan Bank Nagari juga diterapkan oleh bank lainnya di Sumbar.

Program ‘Marandang’ yang resmi diluncurkan Bank Nagari pada Senin (26/7) kemaren di gedung Auditorium Gubernur Sumbar itu merupakan program KUR Super Mikro yaitu Melawan Rentenir di Ranah Minang yang disingkat ‘Marandang’.

Kepala OJK Perwakilan Sumbar, Yusri menilai program ‘Marandang’ Bank Nagari sangat membantu usaha mikro dalam medukung modal usaha mereka di tengah pandemi Covid-19.

“Persoalan masyarakat yang berusaha di sektor mikro bukan suku bunga, tetapi ketersediaan akses ke lembaga pembiayaan formal dan proses yang cepat disamping syarat yang mudah,” sebut Yusri.

“Kalau rentenir, kapanpun orang mau, hari itu bisa langsung cair. Ini tantangan bagi perbankan untuk bisa melakukan hal yang sama. Untuk itu kami berharap juga dapat dilakukan perbankan lainnya” harap Yusri.

Sementara Dirut Bank Nagari M. Irsyad mengatakan tujuan dari program ‘Marandang’ bagaimana melawan keberadaan rentenir yang berdampak pada pelaku usaha mikro dalam mendapatkan modal usaha.

“Maka harus bisa menciptakan proses kredit pembiayaan cepat dan syarat yang mudah,” sebut Irsyad.

“Tidak perlu agunan, cukup usaha yang layak. Lama usaha juga bisa kurang dari enam bulan. Sedangkan proses pencairan cukup 2-3 hari saja,” sambungnya.

Untuk suku bunga, Bank Nagri hanya memberikan 6 persen setahun.

“Bunganya hanya 6 persen setahun. Bahkan sampai akhir tahun 2021 pemerintah memberikan subsidi bunga 3 persen sehingga masyarakat hanya perlu membayar bunga 3 persen,” pungkas Irsyad.

(dnq)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -