Warga Temukan Bunga Langka Rafflesia Patma Tumbuh Mekar di Sako Tapan Pesisir Selatan

0
97
Bunga langka Rafflesia Patma yang ditemukan warga di Pesisi Selatan. Sumber: istimewa

Covesia.com – Bunga rafflesia patma ditemukan mekar oleh warga di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Bunga langka itu ditemukan tepatnya di kawasan hutan UPT Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

“Ya, bunga rafflesia jenis patma tersebut ditemukan oleh warga dan juga mitra Polhut Balai Besar TNKS, pada hari Sabtu (22/8/2021) dan kemarin, Minggu, mekar dengan sempurna,” sebut Polisi Kehutanan BBTNKS Rika Putra Abbas kepada Covesia.com, Senin (23/8/2021).

Ia menjelaskan, penemuan bunga langka yang mekar dengan sempurna itu hanya berjarak 2 kilometer dari pemukiman penduduk dan 750 meter dari jalan lintas Tapan-Kerinci.

“Bunga yang hidup di hutan tropis ini sudah dua kali ditemukan mekar dengan sempurna di kawasan Sako Tapan dalam tahun ini,” terangnya.

Kendati demikian, lanjutnya, dengan ditemukannya bunga langka tersebut, ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kawasan hutan tersebut. Sebab, bunga rafflesia ini merupakan salah satu bunga langka yang mesti dilindungi.

“Karena bunga langka dan tumbuhnya tidak di sembarang tempat. Maka kita meminta masyarakat menjaga ekosistemnya,” ucap Rika.

Lanjutnya, kini bunga rafflesia tersebut sudah diawasi oleh BBTNKS, dan bunga itu belum bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

“Untuk masyarakat yang melihat atau inign mengunjungi keberadaan bunga rafflesia, kini kita batasi dulu demi menjaga ekosistemnya. Karena, mekarnya masih belum sempurna dan ada empat knop atau kelopak lagi yang akan mekar,” tutupnya.

(idy/rdk)