BerandaArchipellagoJadi Pemateri Seminar FMIPA Unand, Genius Sampaikan Pemanfaatan Keragaman Hayati Untuk Ekonomi...

Jadi Pemateri Seminar FMIPA Unand, Genius Sampaikan Pemanfaatan Keragaman Hayati Untuk Ekonomi Masyarakat

- Advertisement -

Covesia.com – Seminar Fakultas FMIPA Universitas Andalas Padang jurusan Biologi tentang Pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk peningkatan perekonomian masyarakat, turut dihadiri oleh Walikota Pariaman Genius Umar.

Genius Umar yang juga ditunjuk sebagai pemateri dalam seminar tersebut menjelaskan kebijakan,strategi, pengelolaan dan pemanfaatan lautan i Kota Pariaman, Sabtu (11/9).

“Pihak civitas akademika UNAND menilai, Pemko Pariaman sukses dalam menata dan memanfaatkan serta pengelolaan perairan laut dan pantai Kota Pariaman mampu menjadi nilai manfaat yang memberikan dampak pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat di Kota Pariaman, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar yang tengah istirahat bersepeda saat memaparkan materi.

Wilayah pesisir merupakan interface antara kawasan laut dan darat yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi satu sama lainnya, baik secara biogeofisik maupun sosial ekonomi. Karena kompleksnya sumberdaya yang dimiliki, interaksi antar ekosistem yang beragam serta berbagai kepentingan social dan ekonomi yang terjadi di wilayah pesisir dan lautan maka secara umum terjadi berbagai permasalahan dan isu yang terjadi di wilayah tersebut.

“Permasalahan tersebut juga terjadi di Kota Pariaman sebagai daerah yang berada di pesisir. Biasanya permasalahan terjadi pada aspek ekologi, ekonomi dan social. Namun kita diKota Pariaman lebih cepat mengatasinya,s eperti dahulu adanya beberapa warga yang menjual telur penyu yang sudah direbus, sekarang mereka tidak lakukan itu lagi karena Pemko Pariaman akan membeli langsung kepada warga apabila warga mendapatkan telur penyu disepanjang pinggiran pantai Pariaman dan telur tersebut kita serahkan kepihak konservasi penyu, “ tambahnya.

Kota Pariaman sebagai salah satu kota pesisir memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan. Berdasarkan kajian-kajian yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pariaman makan secara umum potensi pesisir dan lautan Kota Pariaman adalah wisata bahari, perikanan tangkap, perikanan budidaya (Laut) dan pengolahan hasil perikanan.

“Pemerintah Kota Pariaman dalam melakukan berbagai program pembangunan dan pengembangan selalu berdasarkan potensi yang dimiliki oleh Kota Pariaman dan Visi Misi yang telah disepakati bersama. Kita sangat menyadari bahwa pengembangan dan pembangunan di daerah harus mempertimbangkan prinsip-pinsip pengelolaan yang baik yaitu pengelolaan secara terpadu, terintegrasi dan berwawasan lingkungan agar bisa tercapainya pembangunan dan pengelolaan yang berkelanjutan (Sustainable Development). Tujuannya adalah keberlanjutan sumberdaya yang ada sehingga jaminan terhadap keberlanjutan ekonomi dan sosial dapat dicapai, “ terangnya.

“Semoga saja penjelasan tentang kebijakan,strategi, pengelolaan dan pemanfaatan lautan Di Kota Pariaman itu bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan mahasiswa serta menjadi motivasi bagi para mahasiswa baik yang sedang kuliah maupun setelah menyelesaikan perkuliahan pada jurusan Bilogi FMIPA Universitas Andalas Padang, “ tutupnya.
(rls)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -