- Advertisement -
BerandaArchipellagoManfaatkan SILETON, Mengurus Administrasi Kependudukan di Agam Cukup Sampai Kantor Walinagari

Manfaatkan SILETON, Mengurus Administrasi Kependudukan di Agam Cukup Sampai Kantor Walinagari

- Advertisement -

Covesia.com – Permudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam, Provinsi Sunatera Barat (Sumbar) luncurkan Sistem Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi Online (SILETON).

Kepala Disdukcapil Agam, Helton mengatakan, SILETON merupakan sebuah aplikasi penghubung pelayanan surat kependudukan dari nagari dengan Disdukcapil Agam.

Dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan, cukup datang ke kantor walinagari dan lengkapi berkas, surat kependudukan sudah bisa di cetak.

“Dalam pelayanan, nantinya pemerintah nagari akan mengirim persyaratan berkas yang akan diurus, kemudian diverifikasi oleh petugas dan setelah disetujui pimpinan baru bisa kirimkan kembali ke kantor walinagari untuk dicetak,” ujarnya Senin (13/9/2021).

Dijelaskan Helton, ide pembuatan aplikasi SILETON ini melihat kondisi pandemi Covid-19 yang melarang masyarakat untuk tidak berkerumun. Selain itu kondisi geografis Agam yang luas menjadi salah satu kesulitan masyarakat, untuk datang ke Kantor Disdukcapil Agam di Lubuk Basung. “Saat ini masyarakat sudah dimudahkan, cukup lengkapi berkas dan tunggu informasi dari kantor walinagari,” lanjutnya.

Meski demikian belum semuanya bisa dilayani menggunakan SILETON, untuk rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak, (KIA) masyarakat masih harus melakukan kepengurusan ke Disdikcapil Agam. “Rekam KTP dan KIA masih harus di Disdukcapil namun demikian harus difasilitasi oleh pemerintah nagari,” katanya lagi.

Terkait penerapan aplikasi tersebut pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke nagari-nagari di Kabupaten Agam dan 50 dari 82 nagari defenitif sudah menyatakan siap. “Untuk kendala saat ini belum kita temukan, seluruh nagari yang sudah kita lakukan sosialisasi menyatakan siap,” tuturnya.

Sementara itu, Walinagari Bukik Batabuah, Firdaus, mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi SILETON tersebut. Sebelumnya masyarakat setempat kepengurusan surat kependudukan datang ke Kantor Disdukcapil Agam di Lubuk Basung, tentunya memakan jarak tempuh jauh, waktu yang lama dan ongkos yang mahal. “Dengan adanya SILETON kami disini sangat terbantu,” tutupnya.

(jhn)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -