- Advertisement -
BerandaArchipellagoPolres Pasaman Musnahkan 19 Kg Ganja

Polres Pasaman Musnahkan 19 Kg Ganja

- Advertisement -

Covesia.com – Polres Pasamam memusnahkan Narkotika jenis Ganja seberat 19.276,78 kilogram.

Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam drum bertempat di halaman Mapolres setempat, Kamis (16/9/2021).

Pemusnahan barang bukti itu dilakukan, berdasarkan Surat Ketetapan Status Barang Sitaan Narkotika Nomor : B – 1052 / L.3.18 /Enz. 1 / 09 / 2021, tanggal 13 September 2021.

Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah mengatakan narkotika jenis Ganja yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil pengungkapan di Jalan Lintas Sumatera Medan-Bukittinggi, tepatnya di daerah Jorong Kampung Tongah, Nagari Tarung-tarung, Kecamatan Rao, Sabtu (4/9/2021) sekitar pukul 01.00 WIB lalu.

“Saat ini kami memusnahkan barang bukti narkoba berupa narkotika jenis Ganja seberat 19.276,78 gram (19 kg),” ujar Kapolres Pasaman.

Kata Kapolres, barang bukti yang dimusnahkan ini didapatkan dari 2 tersangka dalam satu kasus. Adapun dua tersangka yang ditangkap itu berinisial AK (25) seorang pria warga Koto Nan Gadang, Jorong Taratak Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh yang bertugas sebagai sopir.

Selanjutnya, seorang perempuan berinisial NR (31) warga Huta Bangun Jae, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Madina, Sumatera Utara.

Dia menjelaskan, dari tangan kedua tersangka itu Tim Opsnal Satresnarkoba berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) berupa dua karung besar Narkotika golongan I jenis Ganja sebanyak 19 paket ukuran besar dengan berat sekitar 20.271,36 gram (20 kilogram).

“Satu karung plastik berwarna putih yang berisikan 10 paket besar diduga Narkotika jenis Ganja yang dibalut dengan lakban warna coklat. Kemudian satu karung plastik berwarna biru yang berisikan 9 paket besar diduga narkotika jenis Ganja yang dibalut dengan lakban warna coklat. Dari 19 paket besar narkotika jenis ganja itu beratnya sekitar 20,276,78 gram,” terang Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah yang didampingi Kasat Narkoba, Iptu Syafri Munir.

Selanjutnya kata Dedi, dari keseluruhan Barang Bukti itu, yang di sisihkan seberat 3,8 Gram untuk kepentingan pemeriksaan laboratorium di BPOM Padang.

“Untuk paket nomor 1 dengan berat kotor 990,78 gram akan digunakan
untuk pembuktian perkara di persidangan. Sedangkan paket nomor 2 sampai 19 dengan berat 20,276,78 gram (20,27 kg) itu di musnahkan di Mapolres Pasaman dengan cara dibakar,” katanya.

Kasat Narkoba, Iptu Syafri Munir menambahkan, barang bukti narkotika jenis ganja yang diamankan dari dua tersangka itu berasal daerah Penyabungan Kabupaten Madina propinsi Sumatera Utara hendak dibawa ke kota Bukittinggi.

“Penjemputan narkotika jenis ganja ke provinsi Sumatera Utara oleh tersangka itu dikendalikan oleh seorang narapidana di salah satu Lembaga Pemasyarakatan di Sumbar,” tandasnya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka itu disangkakan Pasal 114 ayat (2) jo pasal 115 ayat 2 jo pasal 111 ayat 2 jo pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS pada kesempatan itu mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pihak jajaran Polres Pasaman dalam hal memberantas Peredaran Narkoba di wilayah ini.

“Pemusnahan narkoba ini merupakan bentuk keseriusan para petugas dalam memberantas peredaran narkoba dan menyelamatkan generasi penerus bangsa. Jika sampai barang bukti tersebut lolos bagaimana nasib para generasi muda,” kata Sabar AS.

Menurut Sabar AS, Kabupaten Pasaman merupakan daerah jalur perlintasan Narkoba. Untuk itu perlu dukungan seluruh pihak termasuk masyarakat dalam mengantisipasi dan mencegah peredaran Narkoba tersebut.

Kata Sabar, pemerintah daerah bersama penegak hukum, ninik mamak, alim ulama dan masyarakat, diharapkan bersatu padu dalam memberantas peredaran narkoba di daerah ini.

“Jika kita bersatu padu, Insya Allah kita bisa menjadikan daerah pasaman bersih dari narkoba,” ucapnya.

(hri)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -