- Advertisement -
BerandaArchipellagoDukung Gerakan Indonesia Membaca, Pemkab Pasaman Launching Kampung Literasi Air Terbit-Panti

Dukung Gerakan Indonesia Membaca, Pemkab Pasaman Launching Kampung Literasi Air Terbit-Panti

- Advertisement -

Covesia.com – Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Kampung Literasi dan pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) di kampung Air Terbit Kecamatan Panti, Selasa (12/10/2021).

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS menjelaskan bahwa sebagian besar proses Pendidikan tergantung pada kemampuan dan literasinya.

“Budaya Literasi yang tertanam dalam diri seseorang berperan penting. Makanya perlu digalakkan kesadaran untuk membaca menjadi sebuah gerakan. Sehingga menjadi kebiasaan dan hal ini dapat mendukung terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat,” kata Sabar AS.

Pemprov Sumbar yang diwakili Adib Al Fikri mengatakan mendukung penuh program kampung literasi dan Gerakan Indonesia membaca yang diselenggarakan di kecamatan Panti ini.

“Jadi jangan hanya sekedar membaca tetapi harus bisa kritis, kreatif dan inovatif,” katanya.

Anggota DPD RI, Emma Yohanna menyambut baik dan mendukung kebaradaan Taman Baca Masyarakat TBM Rumah Lentera Air Terbit, Nagari Panti, Kecamatan Panti. Karena telah mampu meningkatkan minat baca remaja dan anak-anak muda serta masyarakat.

“Saya mendorong anak-anak muda dan masyarakat di Panti dan Pasaman pada umumnya untuk menambah pengetahuannya melalui membaca dan berkreatifitas dengan fasilitas yg telah di berikan oleh pemerintah,” ujar Emma.

Menurut Senator asal Sumatera Barat itu, buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang sangat banyak sekali manfaatnya karena bisa mendapatkan sesuatu hal, melalui membaca buku. Manfaat dari membaca buku salah satunya meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat.

“Dengan adanya Nagari Literasi ini maka anak-anak muda akan gemar membaca, daripada bermain HP terus menerus yang banyak sekali dampak negatifnya dibanding dampak positifnya,” jelas Emma.

(hri)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -