- Advertisement -
BerandaArchipellagoKPID Dorong Media Penyiaran Ikut Sukseskan Program Vaksinasi dan Penanggulangan Pandemi di...

KPID Dorong Media Penyiaran Ikut Sukseskan Program Vaksinasi dan Penanggulangan Pandemi di Sumbar

- Advertisement -

Covesia.com – Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, Afriendi Sikumbang mengatakan, pihaknya mendorong lembaga penyiaran unutk terus mensukseskan program Vaksinasi covid-19 dan penanganan pandemii Covid-19 di Sumbar.

Hal tersebut diungkapkannya saat Rapat koordinasi bersama lembaga penyiaran dan jurnalis mitra KPID dengan tema “Perteguh Sinergi untuk Percepatan Penanggulangan Pandemi” di salah satu hotel berbintang di kota Padang, Rabu (13/10/2021).

Dalam sambutannya, Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang, meminta lembaga penyiaran sebagai media mainstream untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik dan regulasi penyiaran, sehingga media penyiaran maupun insan jurnalis memberi manfaat yang banyak kepada masyarakat.

Terutama dalam menyampaikan program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 serta ikut mensukseskan program vaksinasi sehingga Sumbar keluar dari pandemi.

“Dalam hal ini kita meminta lembaga penyiaran meningkatkan lagi tayangan iklan layanan masyarakat yang juga menjadi hak publik untuk dimanfaatkan bagi kepentingan edukasi serta mencegah Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, komisioner KPID Sumbar, Jimmi Syah Putra Ginting didampingi Mardhatillah, menyampaikan bahwa kegiatan selain rapat koordinasi dengan Lembaga penyiaran maupun jurnalis, disamping itu, KPID Sumbar menandatangani perjanjian kerjasama dengan BBPOM Padang, Universitas Perintis Indonesia, maupun Politeknik Aisyiyah Sumbar.

“KPID menilai perlu semangat kemitraan dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan pelibatan civitas akademika dalam mengawal isi siaran terjaga dan berkualitas. Kerjasama dengan BBPOM penting untuk menjaga isi siaran dari tayangan iklan obat makanan di media penyiaran agar promosi atau iklan obat makanan tidak berizin maupun manfaat yang tidak sesuai dengan khasiat yang sebenarnya dapat diantisipasi,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumbar, Jasman Rizal yang menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, dengan melibatkannya BBPOM dan perguruan tinggi, ini suatu apresiasi dan kemajuan luar biasa untuk KPID. Dirinya berharap kedepannya, KPID memiliki road map yang jelas.

“Jika perlu kita diskusikan bersama apa maunya KPID kedepannya, apa sasarannya, dengan road map itu nantinya jelas sasaran, dan tujuannya. Kita pemerintah daerah, siap akan membantu KPID dalam pembuatan road map ini baik nantinya dengan DPRD dengan anggarannya dan lain semacamnya,” kata Jasman.

Jasman juga menginginkan KPID sebagai mitra yang bertindak sejajar dengan pemerintahan betul-betul melaksanakan tugasnya, jangan ada halangan, karena KPID sumbar ini termasuk terbaik dibandingkan daerah lain walaupun dengan peralatannya yang masih kurang.

“Sinergitas antara pemerintah dan KPID ini sangat diperlukan dan juga tanggunggungjawab kita bersama apalagi di tengah masa pandemi kita sangat butuh KPID mengawasi semua perjalanan media. Makanya, kita berharap bagaimana sinergitas khusus antara KPID dan media-media, untuk keberlangsungan kita KPID lebih baik kedepannya, dan pandemi di Sumbar semakin berkurang,” kata dia.

(don)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -