43 Kg Ganja dan Sabu Dimusnahkan di Pasaman

Pasaman – Sebanyak 43,65 Kilogram ganja kering dan sabu 85,39 gram dimusnakan Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat, Jumat (28/11/2014). Barang bukti itu berasal dari 19 perkara yang kasusnya telah disidangkang 2014.

Kepala Kejari Pasaman, Lubis Syamsudin, Jumat kepada awak media mengatakan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu dan ganja itu dilakukan setelah kasus-kasus yang ditangani selama tahun ini. “Kasusnya sudah selesai disidangkan dan telah ada keputusan tetap dari pengadilan,” kata Lubis.

Narkotika ini musuh bersama yang harus ditidak secara tegas. Tahun ini telah banyak kasus yang masuk kepengadilan telah diputuskan.

Menurut Lubis, selain barang bukti berupapa narkotika, pihaknya juga memusnahkan alat hisap sabu, alat timbang, dan juga benda-benda pembungkus narkotika sebagai barang bukti, seperti tas dan juga goni.

Selain itu, tahun ini kejaksaan pada tahun ini juga masih menangani satu kasus baru dilimpahkan pihak kepolisian. Kasus itu berupa narkotika jenis ganja kering seberat 18,4 kilogram, yang tersangkanya ditangkap pihak kepolisian setempat di Kecamatan Rao.

“Jika ditinjau dari segi hukuman, didaerah ini, putusannya cukup tinggi, terdakwa ada yang mendapat hukuman sampai 17 tahun penjara, namun hukuman berat tersebut, ternyata masih belum memberikan efek jera pada para pelaku,” sebutnya.

Kabupaten Pasaman rawan akan bahaya peredaran narkotika. Kejaksaan selalu mengimbau semua pihak untuk dapat ikut serta dalam pengawasan peredaran barang tersebut.

Sementara itu, Bupati Pasamanan, H. Benny Utama mengatakan untuk pencegahan masyarakat perlu aktif dan melaporkan setiap tindakan yang mencurigakan dilingkungan mereka. Sehingga keamanan dan kenyamanan di daerah ini dapat terjaga. (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − 15 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password