Pemkab Pasaman Alokasikan Rp 25 Miliar untuk Pembangunan Nagari

Pasaman – Bupati Pasaman Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan dana sebanyak Rp25 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pemerintahan nagari. Dana miliaran rupiah itu sudah disahkan melalui APBD tahun 2015.

Dana tersebut dimasukkan dalam program Pembangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN). Kemudian ditambah lagi dana PMPN yang berasal dari pusat. Sebanyak Rp5,4 miliar dana dari pemerintah pusat sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Dana Desa.

Bupati Pasaman, H. Benny Utama melalui Kabag Humas, Budi Hermawan ketika dikonfirmasi covesia, membenarkan hal tersebut. Dana itu akan dibagikan kepada 37 nagari atau desa di Kabupaten Pasaman.

Dana tersebut akan disalurkan pada 2015. Dimana besaran dana tersebut akan dibagikan sesuai dengan total jumlah penduduk, luas wilayah dan topografi daerah pada masing-masing nagari.

“Makanya kita sudah beri pelatihan administrasi dan keuangan kepada seluruh walinagari, LPMN, dan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari di Kabupaten Pasaman yang diadakan di Bukittinggi beberapa waktu lalu. Dengan pelatihan ini diharapkan mereka akan lebih memahami tentang administrasi dan keuangan,” kata Budi.

Diharapkan dana APBD dan APBN RI tersebut dapat dipergunakan untuk membangun nagari, yang ada di daerah ini. Anggaran itu merupakan dari pemerintah pusat untuk desa di seluruh Indonesia.

Kemudian, aturan penggunaaan dana tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan Peraturan Presiden tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

one × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password