BPBD Ingatkan Warga Pasbar Siaga Banjir dan Longsor

Pasaman Barat – Hujan badai terus mengguyur Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasbar menghimbau masyarakat yang berada di kawasan aliran sungai dan perbukitan agar meningkatkan kewaspadaannya, kemungkinan banjir dan tanah longsor.

Sekretaris BPBD Pasaman Barat, Tri Wahluyo didampingi Kepala Bidang Kedaruratan, Septrina, sebagaimana dilansir covesia, Minggu (30/11/2014), kepada awak media mengatakan agar warga tetap waspada karena curah hujan yang tinggi selalu mengancam.

Jorong Sikabau sudah ditetapkan sebagai jorong siaga satu karna banjir terus menghantam Sikabau dan daearah rawan banjir lainnya di Pasaman Barat. Masyarakat supaya mengaktifkan kelompok siaga bencana setiap kejorongan.

“Supaya masyarakat tersebut nantinya bisa melaporkan langsung kejadian bencana yang menimpa kejorongan itu ke BPBD Pasaman Barat,” sebutnya.

Data dari Pemkab Pasaman Barat sekitar 1.534 unit rumah penduduk di Kabupaten Pasaman Barat terendam banjir satu pekan terakhir. Banjir tersebut terjadi di tujuh kejorongan dalam empat kecamatan di kabupaten itu. Sementara penduduk Pasaman Barat yang menjadi korban banjir itu mencapai 6.076 jiwa.

Dijelaskannya, daerah yang berpotensi terjadinya bencana banjir di Pasaman Barat diantaranya, Kecamatan Pasaman meliputi Jorong Labuah Luruih, Pasie Bintungan, Durian Hutan dan Batang Umpai. Jorong Maligi Kecamatan Sasak dan Jorong Sikabau Kecamatan Koto Balingka.

Kemudian Kecamatan Lembah Melintang meliputi Jorong Koto Sawah, Ranah Salido dan Sumba. Kecamatan Ranah Batahan meliputi Jorong Tamiang dan Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh. Sedangkan daerah yang berpotensi longsor adalah Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh dan Jorong Paroman Kecamatan Talamau. (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen + eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password