- Advertisement -
HomeArchipellagoHarga Cabai Masih Tinggi di Kupang

Harga Cabai Masih Tinggi di Kupang

- Advertisement -

Covesia.com – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional dan modern dalam Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTTT) masih bertahan tinggi pada kisaran Rp59.200 per kilogram dari harga sebelum kenaikan harga bahan bakar minyak Rp25.700/kg.

Jumadi (28), pedagang cabai rawit di Pasar Inpres Naikoten, Kelurahan Naikoten, Kecamatan Oebobo, Rabu, mengatakan bahwa naiknya harga cabai hingga 130 persen itu diduga selain karena permintaan tinggi yang tidak diimbangi dengan pasokan yang lancar, juga akibat biaya produksi cabai yang relatif cukup tinggi.

“Bayangkan cabai ini tiba di Kupang setelah melalui alur mulai dari pengolahan tanah, pembelian bibit, pemupukan, perawatan, hingga panen untuk 3.000 pohon cabai membutuhkan biaya lebih dari Rp5 juta,” katanya.

Harga ini diperkirakan akan tetap bertahan hingga awal 2015 karena menyongsong Natal dan tahun baru. Perubahan harga cabai terjadi sewaktu-waktu, bisa harian bahkan dalam hitungan jam, sehingga banyak pedagang yang menyiapkan persediaan.

Sebelumnya, Kepala Disperindag NTT Bruno Kupok menyebutkan bahwa harga cabai merah besar dan cabai keriting mengalami kenaikan drastis dari Rp25.700/kg menjadi Rp59.200/kg, naik Rp33.500 atau mencapai 130 persen.

“Kenaikan ini terjadi di enam pasar induk yang ada dalam wilayah Kota Kupang. Enam pasar itu merupakan barometer pasar-pasar yang ada di NTT sehingga menjadi sampel untuk mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan harga cabai di wilayah NTT,” katanya. (ant/cal)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 17 =