Antisipasi Banjir dan Longsor, Pasbar Sediakan Alat Berat

Covesia.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan alat berat untuk membantu percepatan penanganan bencana longsor dan banjir. Alat berat itu disiagakan di kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Ahdiyarsyah ketika dikonfirmasi covesia.com, Rabu (3/12/2014) mengatakan, alat berat itu disiagakan apabila dibutuhkan untuk penanganan bencana alam.

“Dalam hal penanganan bencana, tanggap darurat dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Dinas PU sebagai mitra siap membantu penanganan pada saat dibutuhkan,” kata Ahdiyarsyah.

Saat ini, Dinas PU hanya memiliki 1 unitbackhoe-loadersdan 1 unit motorgrader. Dua alat inilah yang kita sediakan apabila ada bencana banjir atau longsor yang membutuhkan alat tersebut.

Sementera itu, BPBD Pasaman Barat menjelaskan situasi di Pasaman Barat saat ini masih aman. Belum ada jalan yang tertimbun longsor. Namun curah hujan masih cukup tinggi.

“Makanya, kewaspadaan harus ditingkatkan karena curah hujan yang tinggi dan selalu mengancam bahaya banjir dan longsor,” kata Sekretaris BPBD Pasaman Barat, Tri Wahluyo.

Daerah yang berpotensi terjadinya bencana banjir di Pasaman Barat diantaranya, Kecamatan Pasaman meliputi Jorong Labuah Luruih, Pasie Bintungan, Durian Hutan dan Batang Umpai. Jorong Maligi Kecamatan Sasak dan Jorong Sikabau Kecamatan Koto Balingka.

Kemudian Kecamatan Lembah Melintang meliputi Jorong Koto Sawah, Ranah Salido dan Sumba. Kecamatan Ranah Batahan meliputi Jorong Tamiang dan Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh. Sedangkan daerah yang berpotensi longsor yakni Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh dan Jorong Paroman Kecamatan Talamau. (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

4 × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password