Mantan Bupati Dharmasraya Segera Disidangkan

Covesia.com – Marlon Martua, mantan Bupati Kabupaten Dharmasraya akan segera menjalani persidangan sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kota Padang, Sumatera Barat.

Marlon yang ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat pada tanggal 26 April 2011 silam ini, terjerat dalam pusaran kasus penggelembungan harga tanah pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh tahun 2009 lalu, yang mana dalam pengadaan tanah tersebut terdapat kerugian Negara mencapai 3,6 miliar.

“Paling lambat minggu depan, berkas perkara tersangka, Marlon Martua akan segera di kirim ke Pengadilan Negeri kelas 1A Padang,” tutur Kepala Seksi Penerangan Hukum Ikwan Ratsudi kepada Covesia.com, Jum’at (5/12/2014).

Dijelaskannya, setelah dilakukannya proses tahap dua oleh penyidik kejaksaan Tinggi Riau kepada JPU Kejaksaan Negeri Pulau Punjung pada Rabu (26/11), kemarin, maka secara otomatis berkas tersangka tersebut sudah dinyatakan lengkap dan siap untuk dilanjutkan keproses hukum selanjutnya, yakni akan dilimpahkan kepengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri Kota Padang, untuk segera disidangkan.

Seperti diketahui, Marlon Martua adalah satu dari empat tersangka dalam kasus pengadaan tanah untuk pembangunan RSUD Sungai Dareh tahun anggaran 2009. Pada 26 April 2011 ia ditetapkan sebagai tersangka sewaktu Kajati dijabat Dr. Fahmi. Sementara tiga tersangka lainnya sudah divonis dan menjalani hukuman di LP Muaro Padang. Mereka adalah Busra, mantan Sekda, sudah menjalani bebas bersyarat, Agus Akhirul, mantan Kabag Administrasi Pemerintahan Umum, dan Agustin Irianto, mantan Kasubag Tata Pemerintah Umum pada Bagian Administrasi Pemerintahan Umum. (adi)

0 Comments

Leave a Comment

5 + seventeen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password