Eksotisme Keindahan Puncak Lawang, Seperti Negeri di Awan

Eksotisme Keindahan Puncak Lawang Seperti Negeri di Awan Pemandangan Danau Maninjau yang dikelilingi bukit hijau dan dipayungi awan putih dilihat dari Puncak Lawang. (Foto : web.id)

Covesia.com - Puncak Lawang, satu dari ratusan keindahan alam Sumatera Barat yang mampu mengundang decak kagum mata memandang. Objek wisata yang terletak di Matur, Kabupaten Agam ini menjadi suatu pilihan bagi wisatawan untuk berkunjung ke Ranah Minang.

Puncak Lawang yang masyarakat setempat menamakan itu adalah sebuah kawasan terletak di daerah ketinggian. Konon, daerah itu disebut sebagai bekas kaki Gunung Tinjau dan dikenal melegenda oleh masyarakat sekitar.

Hanya dengan menempuh jarak lebih kurang tiga jam dari pusat Kota Padang via Pariaman, pelancong akan dapat menyaksikan nuansa keindahan Danau Maninjau. Tentu saja tempat itu dapat dicapai sebelum menempuh jalan tanjakan yang terkenal dengan nama Kelok 44.

Eits..! jangan berhenti disitu. Keindahan alam yang telah dicapai tersebut belumlah seberapa, kecuali jika pelancong sudah berada di Spot destinasi Puncak Lawang yang berada di ketinggian 1.210 meter.

Disana, mata para pelancong akan disuguhkan pemandangan Danau Maninjau yang dikelilingi bukit hijau dan dipayungi awan putih seperti layaknya lukisan yang artistik "Seperti negeri di awan,".

Di sela menikmati keindahan alam yang menentramkan itu, telinga pun ikut "dimanjakan" dengan suara merdu angin yang meniup Pohon Pinus yang tumbuh rendah di pinggir bukit. Belum lagi udara sejuk yang menambah kenyamanan para pelancong dan hendak berlama bersama keluarga duduk disana.

Kondisi itu ternyata juga dirasakan betul oleh Luzi (28) salah seorang pelancong dari Riau, misalnya. Bahkan, warga Pekanbaru ini menyebutkan bahwa lokasi tersebut menjadi salah satu tempat favorit yang senantiasa dirinya sambangi setiap pergi berlibur ke Sumatera Barat.

"Tempatnya bagus bang, ditambah lagi dengan kesejukan udaranya. Betah rasanya berlama-lama disana," ungkapnya saat bercerita kepada covesia.com beberapa waktu lalu.

Puncak lawang, imbuh wanita ini, menjadi tempat yang cukup familiar di telinga para pelancong di Pekanbaru. Pasalnya, tempat tersebut sering menjadi sorotan sebagai lokasi diselenggarakan ivent Para Layang serta acara besar lainnya.

"Kayaknya, nama tersebut (Puncak Lawang) sudah tidak asing lagi," katanya. Hemmm...anda tertarik ingin berwisata alam ke Puncak Lawang? (adi/bim)

Berita Terkait

Baca Juga