Pesona Kebun Teh Ala Ranah Minang

Pesona Kebun Teh Ala Ranah Minang Kebun Teh di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. (Foto: Utari Dwi R/covesia.com)

Covesia.com - Siapa bilang kebun teh cuma ada di Malang dan Puncak Bogor saja. Sumatera Barat juga memiliki hamparan hijaunya kebun teh yang siap memanjakan mata wisatawan.

Ya.. kebun teh ini terletak di Desa Alahan Panjang Kabupaten Solok. Berada di ketinggian 1.300 meter diatas permungkaan laut membuat Alahan Panjang memiliki udara dingin yang sangat cocok untuk tanaman teh.

Tidak jauh. Jika bertolak dari kota padang anda akan menempuh perjalan selama lebih kurang 90 menit.

Walaupun jalanan yang dilalui berkelok kelok dan menanjak, namun sepanjang perjalanan anda akan disuguhi hijaunya lembah dan gunung negerinya orang minang ini. Kadang-kadang, anda juga akan menemui sekawanan kera yang turun ke jalan untuk mencari makan.

Lelah perjalanan akan terbayar dengan hamparan hijau kebun teh nan luas dan bersanding dengan gagah Gunung Talang. Salah satu gunung api aktif yang ada di Sumatera Barat.

"Udaranya segar, asri dan pemandangannya juga indah. Pokoknya sangat cocok buat cuci mata pelepas lelah dan kumpul keluarga," kata Ezia salah seorang pengunjung kebun teh kepada covesia.

Udara dingin menusuk tulang akan membuat perut terasa lapar. Eits! jangan khawatir, jejeran pedagang makanan juga siap membuat tubuh anda kembali hangat. Beraneka ragam makanan seperti sate, mie rebus, jagung bakar, gorengan dan bermacam minuman hangat juga tersedia disana.

Indah suasana yang ada membuat pengunjung betah berlama-lama mampir dikawasan ini. Tidak hanya sekedar duduk bersantai, banyak dari mereka berfoto-foto untuk mengabadikan momen dan keindahan alamnya.

Jika berkunjung ke tempat ini jangan buru-buru pulang. Masih banyak wisata alam yang ditawarkan daerah surganya buah markisah ini. Sempatkan juga untuk singgah di Danau Kembar, Danau Talang, dan wisata sejarah Masjid Tuo Kayu Jawo. (utr/zik)

Berita Terkait

Baca Juga