Meski Berstatus Waspada, Ribuan Orang Diprediksi Tetap Naik Gunung Marapi

Covesia.com – Para pendaki Gunung Marapi, Sumatera Barat menjelang tahun baru 2015 ini diperkirakan akan mencapai 6.000 orang.

Prediksi itu disampaikan Ketua Tim SAR Marapi Adventure Camp (MAC) Jofri Andres pada covesia.com Senin, (29/12/2014) menurutnya, pendaki Gunung Marapi Sumbar menjelang tahun baru 2015 mencapai 6.000 orang.

Jika itu benar, maka jumlah pendaki itu meningkat 100 persen dibanding jumlah pendaki jelang malam tahun baru 2014 lalu yang berjumlah 3.000 orang, terangnya.

Jofri Andres beralasan, animo pendaki untuk mendaki Marapi pada malam tahun baru 2015 dinilai sangat tinggi, karena bertepatan dengan masa liburan sekolah.

“Dari pengalaman sebelumnya, biasanya pendaki Marapi akan membludak jika bertepatan dengan masa libur sekolah,” ujar Jofri Andres.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak dinginkan, Tim SAR MAC menurut Jofri Andres akan mengerahkan 15 anggota MAC dibantu dengan sejumlah Tim SAR dari pemerintahan untuk berjaga-jaga di kawasan Marapi.

Saat ini, Gunung Marapi masih berstatus waspada yang diberlakukan semenjak 3 Agustus 2011 hingga sekarang.

Dalam status waspada, ancaman bahaya Marapi saat ini adalah terjadinya letusan yang bisa mengeluarkan gas vulkanik yang berbahaya bagi kehidupan. Selain itu, ancaman letusan abu lontar material pijar dan pasir juga membuat gunung ini harus dijauhi radius 3 kilometer dari puncak/kawah.

Terkait ancaman itu, Jofri Andres telah mewanti-wanti kepada seluruh pendaki untuk tidak mendaki sampai ke puncak, dan harus menjauhi radius tiga kilometer dari puncak.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

nine + 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password