Petani Minta Harga TBS Sawit Stabil di 2015

Covesia.com – Petani di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan pada 2015 harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit bisa stabil.

Ketika harga kelapa sawit tidak stabil, ekonomi masyarakat Pasaman Barat (Pasbar) mayoritas petani sawit dikhawatirkan bisa terganggu. Transaksi jual beli akan berkurang dan juga berpengaruh terhadap pendidikan anak-anak di daerah itu.

Menurut petani, kadang harga TBS selalu ditekan oleh perusahaan, sehingga petani juga yang menderita. Kedepan, diharapkan pemerintah lebih tegas terhadap persoalan tersebut. Apalagi, penetapan harga TBS difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Pasaman Barat sekali tiga bulan. Jangan sampai harga kesepakatan dengan seluruh perusahaan perkebunan sawit di Pasbar berbeda dengan harga dilapangan.

Kalau harga kelapa sawit stabil, tentu pendapatan petani akan meningkat. Sewaktu 2014, harga TBS sampai Rp600 perkilogram. Akibatnya petani jatuh miskin. Kondisi ini membuat petani membiarkan buah sawit membusuk, karena tidak seimbang lagi harga sawit dengan upah panen. Hal tersebut juga berdampak terhadap pengiriman CPO yang akan berkurang, termasuk di tingkat internasional.

“Semua harga serba naik. Mulai dari kebutuhan pokok dan bahan bakar minyak juga naik,” kata petani sawit Pasbar, Edi, Anton kepada covesia.com, Minggu (4/1-2015).

“Kita sangat berharap harga sawit stabil di Pasbar tahun ini. Jangan terjadi lagi penurunan harga seperti di 2014,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Pasaman Barat, Alfitri Noven memang tegas soal harga sawit tersebut. Bahkan Pemkab Pasaman Barat pernah mengirim surat ke menteri terkait dengan tidak patuhnya perusahaan perkebunan dengan harga kesepakatan bersama.

“Kalau soal harga kita tidak akan main-main. Bagi perusahaan yang tidak mengikuti kesepakatan bersama, maka kita akan laporkan sampai ke pusat” kata Alfitri Noven.

(man/zik)

0 Comments

Leave a Comment

5 − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password