BPBD Lebak: Banjir Belum Surut, Lebak Siaga I Banjir dan Longsor

Covesia.com – Banjir yang melanda Kabupaten Lebak, Banten, hingga pagi ini, Senin (5/1/2015) belum juga surut.

Saat ini, kondisi banjir belum surut karena hujan berlangsung dengan intensitas ringan dan sedang. (Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Puluhan Rumah di Lebak Banten Terendam Banjir)

“Kami menginstruksikan seluruh warga yang tinggal di daerah rawan banjir agar waspada untuk menghindari korban jiwa,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, Kaprawi, Senin (5/1/2015).

Ia juga mengatakan pihaknya memberlakukan Siaga I banjir dan longsor sebab ketinggian permukaan Sungai Ciberang-Ciujung mencapai di atas 400 centimeter dengan debit 567 meter kubik per detik.

“Kami terus mengoptimalkan koordinasi dengan SKPD, Polri, TNI, relawan, camat, desa/kelurahan, dan PMI guna mengantisipasi risiko kebencanaan,” katanya.

Ia menyebutkan saat ini wilayah Kabupaten Lebak masuk peta rawan banjir dan longsor karena lokasinya berada di daerah aliran sungai, perbukitan, dan pegunungan.

Daerah bencana alam itu tersebar di 15 kecamatan, antara lain Rangkasbitung, Kalanganyar, Cibadak, Cimarga, Cileles, Malingping, Wanasalam, Pangarangan, Bayah, Sobang, Cigemblong, Banjarsari, Muncang, Cilograng, dan Gunungkencana. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

fourteen + four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password