2014, Walikota Pekanbaru Kerap Gunakan Dana APBD Ke Luar Negeri

Covesia.com – Walikota Pekanbaru, Riau, Firdaus tercatat sebagai kepala daerah yang paling sering berkunjung ke luar negeri menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selama tahun 2014. Tercatat 3 kali permohonan izin ke luar negeri disampaikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Setelah Walikota Pekanbaru, kepala daerah yang sering izin ke luar negeri adalah Bupati Bengkalis, Herlian Saleh. Ia mengajukan izin ke luar negeri sebanyak 3 kali, dua kepergiannya ke luar negeri menggunakan dana APBD dan 1 kali menggunakan dana pribadi.

Sementara sisanya ada yang satu dan dua kali mengajukan izin. Dari 12 kabupaten dan kota, hanya Bupati Indra Giri Hilir dan Indra Giri Hulu yang tidak terlampir atau tidak mengajukan izin ke luar negeri ke Pemprov Riau sepanjang 2014.

Walikota Pekanbaru, Firdaus, tercatat izin ke Melaka, Malaysia pada 22-25 Oktober 2014, kemudian, Firdaus melakukan izin ke Barcelona pada 17-21 November dan terakhir Firdaus mengajukan izin ke West Perth, Australia pada 6-11 Desember.

Sementara itu, Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, tercatat mengajukan izin melaksanakan umrah pada 28 Mei-5 Juni 2014 dengan menggunakan dana pribadi.

Kemudian, izin mengikuti kegiatan konvension Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke-15, dan izin mengikuti acara Turkiye – World Trade Bridge pada 13-19 November 2014. Kedua kegiatan tersebut menggunakan APBD Bengkalis 2014.

Karo Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Andry Sukarmen melalui Kasubag Pejabat Negara dan Legislatif Zainuddin, mengatakan, Gubernur Riau sifatnya hanya memberi rekomendasi ke Kemendagri untuk menyetujui atau tidaknya keberangkatan kepala daerah ke luar negeri.

“Tidak seluruh izin itu disetujui oleh Mendagri, hanya bersifat penting dan sangat berkenaan dengan kemajuan daerah,” kata Zainuddin seperti dilansir dari laman goriau. (ryv/ary)

0 Comments

Leave a Comment

15 − four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password