Dinkes Lebak Terjunkan TCG Hadapi Banjir

Covesia.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menerjunkan tim gerak cepat menghadapi bencana banjir dan longsor dengan mendirikan posko pelayanan kesehatan.

“Kami minta tim gerak cepat (TGC) mampu memberikan pelayanan kesehatan di sejumlah lokasi bencana banjir dan longsor,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Maman Sukirman kepada antara, Senin (5/1/2015).

Ia mengatakan, petugas TGC telah mendirikan posko kesehatan di Kecamatan Banjarsari, Cimarga dan Wanasalam. Mereka petugas TGC terdiri dari dokter dan para medis selama 24 jam melayani masyarakat yang terkena korban banjir.

Sebab di daerah itu sejak pagi hingga malam hari ini masih dilanda banjir setinggi 1,5 meter. Sedangkan, petugas TGC di Kecamatan Rangkasbitung, Kalanganyar dan Cibadak masih siaga karena permukaan Sungai Ciujung berstatus bahaya. Meskipun banjir belum melanda wilayah itu, tetapi petugas TGC siap melayani kesehatan masyarakat.

“Kami memfokuskan pengobatan agar para korban banjir tidak terserang penyakit kulit maupun penyakit ISPA,” katanya.

Menurut dia, saat ini persediaan obat-obatan tidak ada masalah dan mencukupi untuk menangani pelayanan kesehatan masyarakat di sejumlah daerah banjir. Saat ini, petugas TGC dilengkapi alat medis dan kendaraan siaga 24 jam dan siap memberikan pengobatan.

“Kami berharap melalui TGC ini semua warga korban banjir dan longsor tidak terserang penyakit,” katanya.

Sementara itu, sejumlah warga Keusik Kecamatan Banjarsari Kabupaten Lebak mengaku bahwa mereka para warga korban banjir mendapat pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.

“Kami awalnya pusing terkena air hujan, namun kini kembali pulih setelah minum obat yang diberikan petugas TGC di posko kesehatan,” kata Aminah, warga Keusik Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen + 16 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password