Susi Air Hentikan Sementara Terbang Rute Pasbar-Padang

Covesia.com – Pesawat Susi Air menghentikan sementara penerbangan komersil rute Pasaman Barat (Pasbar)-Padang, Sumbar. Penghentian terbang karena dana subsidi sekitar Rp2 milyar dari APBN 2015 masih dalam proses menunggu lelang di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Pasbar, Bobby P. Riza, S.STP, M.Si ketika dikonfirmasi covesia.com, Rabu (7/1-2015) membenarkan penghentian terbang sementara. Penerbangan dihentikan diperkirakan sampai tanggal 20 Januari 2015, dan bisa juga lewat tanggal tersebut.

“Intinya kita masih menunggu lelang dana subsidi dari pemerintah pusat sekiar Rp2 milyar. Kalau lelangnya sudah selesai baru bisa melayani penerbangan komersil kembali,” kata Bobby.

Dijelaskannya Boby, tahun 2014 kemarin Susi Air melayani penumpang tiga kali penerbangan dalam seminggu. Dengan dana subsidi sekitar Rp600 juta dari dana APBD Kabupaten Pasaman Barat tahun 2014.

Namun ditahun ini, Susi Air diperkirakan tahun ini hanya satu atau dua kali seminggu terbang dengan rute Padang-Pasbar begitu juga sebeliknya. Sebab dana Rp2 milyar itu kemampuannya untuk satu tahun hanya satu kali atau dua kali seminggu terbang.

“Ya benar, kadang dalam satu minggu itu ada yang dua kali terbangnya dan ada yang satu kali. Jadi nanti kita atur jadwal penerbangannya,” sebut Bobby.

Selain itu, harga tiket Padang-Pasbar atau sebaliknya dimungkinkan turun dari harga sebelumnya. Harga tiket tahun 2014 Rp300 ribu perorang, tahun ini diperkirakan bisa Rp200 ribu per orang.

Kemudian, tiket Susi Air hanya bisa dibeli di kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat. Kemudian, kalau di Padang dijual di loket Susi Air Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

one × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password