Lopen Dukung Pembelian Gedung Kuno di Semarang

Covesia.com – Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah berencana membeli sebuah gedung kuno di kawasan Kota Lama yakni Gedung Oudetrap. Atas keinginan itu, Komunitas pegiat sejarah Kota Semarang, ‘Lopen’ mendukung langkah tersebut.

“Saya kira ini (pembelian Gedung Oudetrap, red.) keputusan tepat. Bahkan, kalau bisa lebih banyak gedung-gedung kuno yang dibeli,” kata Koordinator Lopen M Yogi Fajri di Semarang, Rabu.

Menurut dia, langkah akuisisi gedung-gedung kuno di kawasan Kota Lama sangat efektif untuk menyelamatkan aset-aset bersejarah di Kota Semarang, termasuk Gedung Oudetrap atau Gedung Gambir.

Ia menjelaskan selama ini banyak bangunan di Kota Lama Semarang yang tidak diketahui kepemilikannya sehingga dipastikan kondisinya tak terurus, bahkan tidak jarang yang mengalami kerusakan.

“Aset-aset berupa gedung kuno ini bisa dioptimalkan untuk kepentingan pariwisata. Apalagi, tidak semua kota atau daerah memiliki kekayaan aset seperti yang dimiliki Kota Semarang ini,” tukasnya.

“Selama ini, Kota Semarang belum memiliki museum yang khusus membahas perkembangan dan sejarah kota ini. Padahal, Semarang memiliki peran sentral dalam perjalanan sejarah Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Sekretariat Daerah Kota Semarang Eko Cahyono mengakui kawasan Kota Lama memiliki setidaknya 272 bangunan kuno, dan 179 bangunan di antaranya dalam kondisi rusak dan terbengkelai.

“Tentunya, kami tidak bisa membeli semua sekaligus karena keterbatasan anggaran. Kami juga kesulitan menemukan pemiliknya. Mudah-mudahan, pembelian Oudetrap ini merupakan perintis,” katanya.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

4 + eighteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password