PLN dan Wijaya Karya Bersengketa, PLTG di Siak Riau Terancam Gagal Operasi

Covesia.com – Akibat sengketa yang terjadi antara PT PLN dengan PT Wijaya Karya (Wika) terkait pembayaran sewa mesin pembangkit yang tak kunjung usai, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Desa Sungai Rawa, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, terancam tak jadi beroperasi.

Pembangkit listrik berkapasitas 25 Mega Watt, sedianya mampu menjadi sarana utama penerangan di daerah tersebut. Hal tersebut menyebabkan 500 ribu masyarakat Siak kembali menelan kekecewaan. Karena janji PLN untuk bisa menerangi kawasan mereka masih belum bisa terwujud.

General Manager PT PLN Wilayah Riau-Kepri Dodi Pangaribuan mengatakan, untuk menyelesaikan sengketa, pihak PLN akan mengambil alih atau membeli 12 mesin pembangkit yang sudah terpasang di lokasi milik PT Wika. Sehingga, pengoperasian PLTG dapat segera dilaksanakan.

“Saat ini masih dalam proses appraisal harga. Terkait kapan pengoperasian PLTG, semua tergantung keputusan BANI, kita juga masih menunggu,” ujarnya seperti dikutip dari laman goriau.

Sementara, Humas PT Wika Arpan enggan mengomentari terkait sengketa perusahaannya dengan PLN soal sewa mesin yang belum dibayar.

“Pada dasarnya kita menunggu keputusan bersama antara PLN dengan konsorsium PT Wika untuk mendapatkan solusi terbaik menyelesaikan sengketa ini. Keputusan itu berada di tangan PLN Pusat,” ujar Arpan.

Akibat keterbatasan daya, ribuan masyarakat Siak yang berada disejumlah desa sampai saat ini belum dapat menikmati listrik dari PLN. Untuk penerangan, warga terpaksa menggunakan mesin pembangkit dari PLTD yang beroperasi hanya malam hari .(nal/ary)

0 Comments

Leave a Comment

one × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password