Kebutuhan Masyarakat Tinggi, Dua Kecamatan Diarahkan Jadi Sentra Sayur

Covesia.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumbar mencanangkan dua kecamatan sebagai sentra sayur-sayuran. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Dua Koto dan Lubuk Sikaping.

“Ya kita melihat sayur di Pasaman tidak kalah dengan sayur yang ada di Bukittinggi,” kata Bupati Pasaman, Benny Utama kepada covesia.com, Kamis (8/1/2015) saat meninjau kebun sayur-sayuran.

Menurut Benny, Kecamatan Dua Koto sangat cocok dengan tanaman sayur-sayuran karena daerahnya dingin. Hal itu terbukti dengan suburnya tanaman sayur kelompok tani, yang hanya memakai pupuk organik.

Untuk 2015, pemerintah telah melaksanakan berbagai demplot di 6 kawasan pengembangan sayur. Seperti kampung Simpang Dingin, Jorong Setia, Lanai, Pagaran, Simpang Kalam dan Sarasah.

Dijelaskannya, Kecamatan Duo Koto sangat cocok dengan tanaman sayur dari hasil survei sejumlah perguruan tinggi. Kemudian penangkar bibit juga akan dibuat. Jadi seluruh bibit sayur akan ada di lokasi penangkar.

Kalau soal pemasarannya, petani Duo Koto jangan cemas. Sebab saat ini sayur menjadi suatu kebutuhan yang cukup tinggi di beberapa daerah. Bahkan, di daerah tetangga saja, seperti Kabupaten Pasaman Barat butuh sayur sekitar 50 ton dalam seminggu. (man/zik)

0 Comments

Leave a Comment

sixteen − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password