Dinkes Temanggung: Dusun Pangonan KLB DBD

Covesia.com – Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Dusun Pangonan, Desa Soropadan, Jawa Tengah. Hal ini dikemukakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pengamatan dan pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Temanggung, Sukamsih menyebutkan terdapat 29 kasus DBD di Dusun Pangonan, Desa Soropadan, Jawa Tengah.

“Sebagian penderita menjalani rawat inap di Puskesmas Pringsurat, Puskesmas Grabag, RSU Temanggung, dan RSJ Magelang,” papar Sukamsih, Jumat (09/01/2015).

Sukamsih mengatakan, Dinkes Temanggung telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat setempat serta pengasapan dilokasi tersebut, guna mengantisipasi penyebaran penyakit yang diakibatkan gigitan nyamul aedes aegypti itu.

“Saat ini Temanggung telah termasuk endemis DBD, sehingga masyarakat setempat perlu mewaspadai penyakit ini,” ujarnya.

Sukamsih juga menjelaskan bahwa penanganan atau pencegahan DBD adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Akhir-akhir ini ada kecenderungan setiap terjadi kasus DBD masyarakat minta di daerahnya difogging atau dilakukan pengasapan, padahal fogging ini merupakan pilihan terakhir,” pungkasnya. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

13 + 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password