Di Sukabumi, Tarif Angkot Turun Rp.500

Covesia.com – Angkutan Kota (angkot) di Kota Sukabumi, Jawa Barat menurun tarifnya sebesar Rp500. Pasca turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi oleh pemerintah pusat terhitung mulai 1 Januari 2015.

Sekretaris Dinas Perhubungan dan Binamarga Kota Sukabumi, Abdul Rachman, menyebutkan bahwa tarif angkot saat ini telah turun sebesar Rp500 dari tarif sebelumnya.

“Sesuai hitungan biaya operasional kendaraan tarif angkot saat ini menjadi Rp3.500 untuk umum yang awalnya Rp4.000/penumpang dan untuk pelajar yang awalnya Rp2.500 menjadi Rp2.000 setiap penumpang,” kata Abdul, Sabtu (10/01/2015).

Menurut Abdul, penetapan turunnya tarif angkot ini memang cukup lama dan baru disahkan pada 8 Januari, setelah melakukan hitungan biaya operasional kendaraan. BBM subsidi yang saat ini dijual dengan harga Rp7.600/liter untuk premium harus disesuaikan dengan tarif baru yang tidak memberatkan penumpang dan pengusaha angkot.

Sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Sukabumi nomor 18/2015 tentang Tarif Angkutan Umum dan angkot di Kota Sukabumi maka diputuskan tarifnya turun Rp500/penumpang. Tidak menutup kemungkinan, jika harga BBM subsidi kembali turun maka tarif pun akan ikut disuaikan dengan biaya operasional.

“Tarif angkot disesuaikan dengan harga BBM jika naik maka ikut naik ataupun sebaliknya. Untuk saat ini jumlah trayek ada 19 dengan 2.000 unit angkot,” imbuhnya. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

3 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password