Jalan Nasional Poros Kebun Kopi Sulteng Tertutup Longsor

Covesia.com – Arus lalu lintas di poros jalan nasional Tawaeli-Toboli, Sulawesi Tengah (Sulteng), atau lebih dikenal dengan jalur “Kebun Kopi”, terputus total karena tertutup longsor pada Minggu (11/1/2015), sekitar pukul 05.00 WITA.

Keterangan yang dihimpun Antara dari beberapa pengguna jalan yang hendak melintas di poros trans Sulawesi itu, Minggu siang, sejumlah kendaraan, utamanya mobil truk terpaksa antre untuk menunggu terbukanya jalan.

Sementara kendaraan lainnya terpaksa berbalik arah dan memilih menempuh jalur alternatif Tambu-Kasimbar, sekitar 80-an kilometer di utara Toboli, Kabupaten Parigi Moutong, meski jaraknya sangat jauh dan medannya cukup sulit.

“Kami terpaksa lewat Tambu-Kasimbar meski sangat melelahkan karena tidak pasti kapan longsoran di Kebun Kopi bisa terbuka,” ujar Alfred Lamandasa lewat telepon genggam yang sedang melakukan perjalanan dari Poso ke Palu.

Para pengguna jasa angkutan dari arah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara melalui Poso ke Palu terpaksa harus menempuh jarak tambahan sekitar 200 kilometer bila harus menempuh jalur alternatif Tambu-Kasimbar tersebut.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PU Saut P. Munthe yang dihubungi terpisah membenarkan bencana longsor tersebut, dan hingga saat ini belum bisa ditangani. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

18 − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password