Gelapkan Uang Petani Sawit, Bos PT BIG Kalbar Ditangkap

Covesia.com – Polda Kalimantan Barat (Kalbar) bekerja sama dengan Polres Jakarta Barat menangkap Budiono Tan, pengusaha sawit (mantan anggota MPR RI) yang DPO sejak 2010 karena menggelapkan sekitar 1.535 sertifikat petani sawit di Kabupaten Ketapang.

“Penangkapan tersangka Budiono Tan berdasarkan perintah saya langsung, dan setiap tersangka harus menggunakan baju tahanan, sama seperti tersangka lainnya,” kata Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Arief Sulistyanto.

Budiono Tan yang juga bos PT BIG (Benua Indah Grup) digiring ke Mapolda Kalbar, Sabtu malam (10/1/2015) oleh tim penyidik Polda Kalbar setiba dari Jakarta.

“Saya sudah perintahkan kepada para penyidik Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar, agar tidak takut terhadap tekanan pihak manapun. Penyidik harus memberlakukan semua tersangka sama di mata hukum,” ujarnya.

Arief Sulistyanto sempat menegur Budiono Tan yang dikatakannya mempersulit tugas penyidik.

“Bapak tidak perlu telepon ke mana-mana. Saya siap mempertaruhkan jabatan saya untuk menangkap bapak, dan saya siap dipecat, kalau menangkap bapak dinyatakan salah,” ujar Kapolda Kalbar sebagaimana dilaporkan antara, Minggu (11/1/2015).

Arief mendukung penuh anggotanya untuk menuntaskan kasus Budiono Tan yang sudah menjadi tunggakan kasus sejak tahun 2009. Penjemputan tersangka Budiono Tan dilakukan langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kombes (Pol) Widodo. Tersangka diduga melakukan penggelapan uang petani sawit miliaran rupiah. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

11 + four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password